kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Resmi Jokowi Luncurkan Logo IKN, Logo Bertema Pohon Hayat Terpilih


Selasa, 30 Mei 2023 / 18:12 WIB
Resmi Jokowi Luncurkan Logo IKN, Logo Bertema Pohon Hayat Terpilih
Logo IKN Nusantara. Resmi Jokowi Luncurkan Logo IKN, Logo Bertema Pohon Hayat Terpilih.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) yang memenangkan sayembara logo IKN.

Logo yang didesain oleh Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House muncul jadi pemenang dalam sayembara ini.

Jokowi mengatakan, logo yang terpilih bertema pohon hayat. Dimana pohon hayat merupakan pohon kehidupan. Maka diharapkan dengan logo tersebut, IKN dapat menjadi tempat kehidupan baru bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Inilah Perkembangan Proyek IKN Terbaru, Lomba Pilih Logo IKN Nusantara Masih Dibuka

"Yang Terpilih adalah yang bertema Pohon Hayat. Pohon hayat adalah pohon kehidupan. Harapannya logo ini menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua. Jadi sumber kehidupan semua masyarakat Indonesia," kata Jokowi dalam Peluncuran Logo Nusantara di Istana Negara, Selasa (30/5).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, terdapat 500.000 lebih masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan logo IKN.

Adapun proses Sayembara logo IKN dimulai September 2022 dimana OIKN menggandeng The Indonesian Association of Graphic Designers (ADGI) sebagai mitra.

Bambang mengatakan, 500 desainer ikut serta dan dari sana dikurasi menjadi 10 desain. Kemudian Presiden memilih lima desain yang kemudian dilempar ke masyarakat untuk dilakukan voting.

Baca Juga: Moeldoko Minta Ganti Rugi Pengadaan Tanah untuk IKN Segera Dibayarkan

"Semua masyarakat ikut serta memilih logo, ini akan kebawa terus sampai kemudian hari. Saya kira bukti lebih dari 500 ribu orang sudah berpartisipasi adalah suatu kebanggaan tersendiri untuk kita semua agar nusantara ini ke depan sudah partisipasi adalah satu kebanggaan tersendiri untuk kita semua," kata Bambang.

Berdasarkan hasil sayembara pada periode tersebut, logo dengan vote terbanyak adalah logo nomor dua oleh desainer Aulia Akbar dengan tema Pohon Hayat yang mendapatkan total vote mencapai 133.069 atau 26,6% dari total vote.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×