kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,33   0,99   0.11%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Perkembangan Proyek IKN Terbaru, Lomba Pilih Logo IKN Nusantara Masih Dibuka


Kamis, 13 April 2023 / 16:16 WIB
Inilah Perkembangan Proyek IKN Terbaru, Lomba Pilih Logo IKN Nusantara Masih Dibuka
ILUSTRASI. Inilah Perkembangan Proyek IKN Terbaru, Lomba Pilih Logo IKN Nusantara Masih Dibuka


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Perkembangan proyek pembangunan fisik Ibu Kota Nusantara (IKN) terus menunjukkan hasil positif. Bersamaan itu, lomba pilih logo IKN masih dibuka untuk umum.

Dilansir dari website resmi Sekretariat Kabinet, perkembangan proyek pembangunan IKN telah mencapai 26 persen atau meningkat signifikan dari progres saat dikunjungi Presiden pada Februari lalu.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Rabu (12/03/2023), di Kantor Presiden, Jakarta, dalam keterangan pers usai menghadiri rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Kemajuannya sekarang sudah di angka 26 persen. Ketika Bapak Presiden hadir di sana, masih di angka 15 persen. Mudah-mudahan ini ada percepatan,” ujar Suharso.

Baca Juga: Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan 22 Tower Hunian Pekerja Konstruksi di IKN

Pembangunan di IKN tersebut, meliputi pembangunan infrastruktur dasar seperti infrastruktur air minum, sanitasi, jalan, gedung pemerintahan, dan perumahan.

“Bangunan yang dimaksud adalah termasuk untuk penyediaan air bersih, kemudian pembangunan waduk yang sudah sebentar lagi kita akan memfungsikan waduk tersebut,” kata Kepala Bappenas.

Suharso menyatakan, pemerintah membuka peluang pihak swasta untuk terlibat dalam pembangunan IKN melalui skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha atau KPBU.

“Bukan hanya dibangun oleh pemerintah, tetapi kita juga membuka keterlibatan swasta termasuk swasta asing dalam skema KPBU,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe mengungkapkan adanya ketertarikan sejumlah investor baik dari dalam dan luar negeri untuk terlibat dalam pembangunan IKN.

“KPBU ini diminati bukan hanya dari investor lokal, tetapi juga investor dari luar negeri yang sudah sedang berproses ini dari konsorsium Nusantara antara investor lokal dengan investor dari China, kemudian ada dari Korea,” ujar Dhony.

Dhony menyampaikan, selain gedung pemerintahan dan hunian, di IKN juga akan dibangun sejumlah sarana dan prasarana lainnya, seperti sarana pendidikan dan fasilitas kesehatan.

“Untuk pendidikan ini juga ada arahan dari Bapak Presiden untuk mempercepat pembangunan sekolah-sekolah di mana akan diberikan, baik untuk swasta maupun yang sekolah negeri, bantuan-bantuan dalam rangka mengakselerasi penyelenggaraan sekolah unggul yang akan berada di IKN,” kata Dhony.

Di bidang kesehatan, lanjut Dhony, Presiden Jokowi menekankan agar di IKN dibangun fasilitas kesehatan berskala internasional.

“Ada beberapa rumah sakit yang sudah berminat dan segera akan kita umumkan, mudah-mudahan di bulan Mei sudah ada yang terpilih, yang sesuai arahan Pak Presiden, ini rumah sakit unggul yang harus ada kerja sama dengan internasional,” tandas Wakil Kepala Otorita IKN

Lomba pilih logo IKN

Dilansir dari Kompas.com, Pemerintah menggelar pemilihan logo IKN berhadiah sepeda motor listrik. Lomba pilih logo IKN berhadiah sepeda motor listrik bisa diikuti masyarakat umum.

Logo dengan pemilih terbanyak nantinya akan digunakan sebagai logo resmi IKN. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. “Pemilihan logo IKN diselenggarakan secara terbuka agar rakyat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur,” ujarnya dilansir dari Kompas.com Selasa (4/4/2023).

Bambang mengungkapkan, terdapat lima logo karya desainer finalis yang bisa dipilih masyarakat. Lalu bagaimana cara ikut lomba pilih logo IKN berhadiah sepeda motor listrik?

Link website pilih logo IKN berhadiah sepeda motor listrik

Lomba pilih logo IKN berhadiah sepeda motor listrik berlangsung secara online. Lomba ini bisa diikuti seluruh warga Indonesia yang memiliki handphone.

Untuk mengikuti lomba pilih logo IKN berhadiah sepeda motor listrik, buka link ikn.go.id/pilihlogonusantara.

Berikut cara ikut lomba pilih logo IKN berhadiah sepeda motor listrik:

  • Buka link website Ikn.go.id/pilihlogonusantara
  • Klik tool "Pilih logo"
  • Masukkan nomor handphone dan asal provinsi Anda
  • Centang kolong "Saya memilih logo ini dan saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi"
  • Klik "Pilih Logo"
  • Anda akan mendapatkan kode OTP yang berguna untuk dimasukkan saat pemilihan logo
  • Lalu pilih logo yang Anda suka
  • Selesai

Sebelumnya, pada seleksi tahap awal, terdapat sekitar 500 desainer dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi. Seleksi ini dilakukan dengan cara open call ke seluruh member Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Kemudian terpilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru untuk IKN. Mereka dipilih oleh para ahli yang tergabung dalam kepengurusan ADGI.

Pemilihan tersebut melalui kurasi portofolio yang telah dimasukkan oleh parah desainer. “Dengan kriteria yang wajib, antara lain berprofesi sebagai desainer grafis professional minimal 10 tahun dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual,” ujar Bambang.

Selanjutnya, 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh pihak otorita IKN kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden kemudian memilih lima logo terbaik untuk dipilih oleh masyarakat umum.

Bambang menuturkan, logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi IKN. Kemudian bagi 10 pemilih yang beruntung, akan mendapat hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani Presiden Jokowi.

Adapun lomba pilih logo IKN berhadiah motor listrik akan dilaksanakan mulai Selasa (4/4/2023) hingga Sabtu (20/5/2023).

Itulah perkembangan proyek IKN terbaru hingga April 2023 dan link website lomba pilih logo IKN berhadiah motor listrik. Segera ikuti lomba pilih logo IKN berhadiah motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×