kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Link Website Lomba Pilih Logo IKN Berhadiah Motor Listrik & Cara Ikutnya


Kamis, 06 April 2023 / 14:03 WIB
Link Website Lomba Pilih Logo IKN Berhadiah Motor Listrik & Cara Ikutnya
ILUSTRASI. Link Website Lomba Pilih Logo IKN Berhadiah Motor Listrik & Cara Ikutnya


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah link website lomba pemilihan logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berhadiah sepeda motor listrik. Simak cara ikut lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik.

Dilansir dari Kompas.com, Pemerintah menggelar pemilihan logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berhadiah sepeda motor listrik. Lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik bisa diikuti masyarakat umum.

Logo dengan pemilih terbanyak nantinya akan digunakan sebagai logo resmi IKN. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. “Pemilihan logo IKN diselenggarakan secara terbuka agar rakyat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur,” ujarnya dilansir dari Kompas.com Selasa (4/4/2023).

Bambang mengungkapkan, terdapat lima logo karya desainer finalis yang bisa dipilih masyarakat. Lalu bagaimana cara ikut lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik?

Baca Juga: Setelah Idul Fitri, Jokowi Bakal Ajak Investor Mengunjungi IKN

Link website pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik

Lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik berlangsung secara online. Lomba ini bisa diikuti seluruh warga Indonesia yang memiliki handphone.

Untuk mengikuti lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik, buka link ikn.go.id/pilihlogonusantara.

Berikut cara ikut lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah sepeda motor listrik:

  • Buka link website Ikn.go.id/pilihlogonusantara
  • Klik tool "Pilih logo"
  • Masukkan nomor handphone dan asal provinsi Anda
  • Centang kolong "Saya memilih logo ini dan saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi"
  • Klik "Pilih Logo"
  • Anda akan mendapatkan kode OTP yang berguna untuk dimasukkan saat pemilihan logo
  • Lalu pilih logo yang Anda suka
  • Selesai

Sebelumnya, pada seleksi tahap awal, terdapat sekitar 500 desainer dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi. Seleksi ini dilakukan dengan cara open call ke seluruh member Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Kemudian terpilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru untuk IKN. Mereka dipilih oleh para ahli yang tergabung dalam kepengurusan ADGI.

Pemilihan tersebut melalui kurasi portofolio yang telah dimasukkan oleh parah desainer. “Dengan kriteria yang wajib, antara lain berprofesi sebagai desainer grafis professional minimal 10 tahun dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual,” ujar Bambang.

Selanjutnya, 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh pihak otorita IKN kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden kemudian memilih lima logo terbaik untuk dipilih oleh masyarakat umum.

Bambang menuturkan, logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi IKN. Kemudian bagi 10 pemilih yang beruntung, akan mendapat hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani Presiden Jokowi.

Adapun lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah motor listrik akan dilaksanakan mulai Selasa (4/4/2023) hingga Sabtu (20/5/2023).

Arti logo IKN Nusantara

Sebelum Anda ikut lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah motor listrik, sebaiknya pahami dahulu arti masing-masing logo.

Dikutip dari laman resmi ikn.go.id/pilihlogonusantara, berikut profil desainer dan arti dari lima logo IKN yang bisa dipilih oleh masyarakat:

  • Aulia Akbar

Aulia Akbar adalah seorang desainer grafis yang berdomisili di Bandung.

Lulus dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung pada tahun 2014.

Ia adalah co-founder POT Branding House, anggota aktif ADGI (Asosisasi Desainer Grafis Indonesia) Chapter Bandung serta mengajar desain grafis secara luring di ITENAS dan daring Pixel Ninja.

Narasi logo

Logo "Pohon Hayat Nusantara" terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi kita. Simbol dasar yang tumbuh dari 5 akar ideologi bangsa (Pancasila), tumbuh mengalir menjadi 7 batang gugus pulau besar di Indonesia sebagaimana kita sebagai masyarakat maritim dengan wawasan Nusantaranya melihat laut dan alur sungai sebagai penghubung, yang lalu terhubung dalam satu lingkaran utuh yang menumbuhkan 17 kembang mekar sebagai simbolisasi kemerdekaan abadi.

Rancangan Nusantara ini disuarakan oleh font "IKN Sutasoma" yang terinspirasi oleh aksara Pallawa, salah satu aksara tertua di Asia Tenggara yang ditemukan di Kutai, Kalimantan. Identitas visual IKN Nusantara, rancang bentuk universal namun mengakar, terbalut dalam bentuk yang merayakan kemerdekaan peradaban baru Indonesia.

  • Agra Satria

Pendiri dan direktur kreatif MATA Studio dengan pengalaman profesi lebih dari 1,5 dekade. Alumni S1 DKV ITB, memulai karir dari clothing indie Bandung Opium, kemudian ke biro desain Leboye, Fullfill, Tre Studio dan APART Collective Milan. Ia menempuh program beasiswa Master in Visual Branding Design Domus Academy, Italia.

Narasi Logo

Didesain dengan formasi modular untuk menggambarkan negara Indonesia yang berupa jajaran kepulauan dan desain planologi Ibu Kota Nusantara. Terinspirasi dari Ragam Hias Pohon Hayat, selaras dengan kosmologi dasar Ibu Kota Negara Nusantara.

  • Akar — simbol hubungan kolaboratif manusia dengan alam (siluet Samudera dan Kepulauan)
  • Batang Pohon — gambaran hubungan harmonis antara sesama manusia (siluet manusia)
  • Dahan Pohon — representasi hubungan manusia dengan nilai-nilai luhur (siluet burung Garuda).

Sebagai kota modern, berkelanjutan dan simbol persatuan, identitas IKN Nusantara diwarnai dengan pilihan 9 warna kontemporer yang cerah. Kombinasi utama: “Hijau” menggambarkan kekayaan alam Indonesia dan “Emas” simbol doa ibu pertiwi agar bangsa Indonesia senantiasa makmur damai sentosa.

  • Ismiaji Cahyono

Ismiaji Cahyono adalah Kepala studio desain SUNVisual dengan pengalaman profesi lebih dari 20 tahun.

Lulusan S1 DKV ITB ini mengawali karirnya di Leboye Design sebelum melanjutkan S2 ke School of the Art Institute of Chicago atas beasiswa Fulbright.

Ia juga pengelola organisasi kolaboratif DGI yang fokus pada pengarsipan dan pencatatan desain grafis Indonesia.

Narasi logo

Terinspirasi dari kearifan Kampung, lingkungan rumpun keluarga yang tumbuh mandiri dalam keterhubungan. Unit terkecil kampung adalah rumah, tempat bertumbuh dan diayomi.

Untuk masuk ke dalamnya kita melalui ambang atau pintu dan dilindungi atap. Maka tanda utama identitas adalah ikon rumah--paduan ambang dan atap, yang diserap huruf "N" di tengah nama Nusantara.

Ikon rumah diapit "Nusa" berarti kepulauan, dan "Tara" berarti ‘sama tingkatnya’—Ibukota adalah pusat pengelola beragam ‘kampung’ dalam pelayanan yang setara.

Kombinasi warna identitas adalah ‘hijau laut’ yang melambangkan kemaritiman, agraria, dan intelektualitas; sedangkan warna ‘kuning sawo’ melambangkan kreatifitas-inovasi. Elemen pola identitas adalah komposisi para "kampung" yang terhubung, tumbuh bersama, berkesinambungan, sehingga saling memperkuat; sebuah perayaan sakralnya kebersamaan dan inovatifnya Tanah Air kita Indonesia.

  • Dimas Fakhruddin

Dimas Fakhruddin adalah desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Ia mendirikan Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.

Selain itu, Ia juga aktif sebagai akademisi yang mengajar di Departemen Industri Kreatif dan Digital pada Program Studi Desain Grafis (DG), Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya, Malang.

Narasi Logo

Semangat Nusantara untuk terus bertumbuh menjadi salah satu Kota Dunia yang memiliki integritas dan daya saing secara global adalah landasan filosofis logo ini. Secara visual, logo ini mengambil bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia. Berpusat pada simbol bintang yang merepresentasikan Pancasila sebagai pondasi utama membangun IKN Nusantara; ia juga harapan agar kelak menjadi rumah bersama untuk saling bersinergi serta menjadi salah satu role model Kota Dunia.

Bersama-sama merayakan IKN Nusantara menjadi ruang milik seluruh warga Indonesia dan dunia dengan harapan terwujudnya harmoni dan sinergi demi transformasi dan kemajuan peradaban Indonesia. Nusantara, Harmony We Lived In.

  • Wildan Ilham

Wildan adalah co-founder workbyw, perusahaan konsultan brand berlokasi di Jakarta.

Karyanya telah dipublikasikan di beragam media Internasional seperti The Dieline, Creative Talk Asia: Hidden Gem, dan Brand Magazine Hong Kong.

Ia berpengalaman menangani identitas brand di berbagai vertikal, beberapa diantaranya Kahf, Indonesian Film Festival Australia, PUPR, Swara Gembira, dan lainnya.

Narasi Logo

Nusantara, di zamrud khatulistiwa, memiliki beragam perbedaan yang saling berdampingan. Hidup dengan keluhuran budaya, tapi terbuka terhadap inovasi dunia. Memiliki banyak budaya daerah, tapi satu identitas bangsa. Politik luar negeri non blok, tapi aktif dalam perdamaian dunia. Mungkin kita berbeda, tapi kebersamaan adalah kekuatan kita.

IKN Nusantara menjadi keseimbangan baru, ruang kebersamaan, semangat gerakan persatuan kita. Karena kita percaya pada kekuatan sinergi yang harmonis. Sinergi yang menyatukan kita dari dalam dan melipatgandakan kekuatan terbaik kita. Membawa kita maju dan tumbuh inklusif di kepulauan yang dihubungkan lautan. Logo ini merangkai masa lalu untuk masa depan yang kita tuju. Sejalan dengan ideologi, keluhuran budaya, dan semangat maju bersama di antara kita. Bersama, kita bersinergi dari Nusantara untuk Indonesia dan dunia.

Itulah link website dan cara ikut lomba pemilihan logo IKN Nusantara berhadiah motor listrik. Segera ikuti lomba pemilihan logo IKN nusantara berhadiah motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×