kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45878,14   -8,04   -0.91%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Relaksasi HET Beras Premium Diperpanjang Hingga Mei, Harga Beras Medium Bakal Naik


Rabu, 24 April 2024 / 18:14 WIB
Relaksasi HET Beras Premium Diperpanjang Hingga Mei, Harga Beras Medium Bakal Naik
ILUSTRASI. Pelanggan memilih beras premium di ritel modern Bintaro. Tangerang Selatan, Banten, Minggu (24/3/2024). Relaksasi HET Beras Premium Diperpanjang Hingga Mei, Harga Beras Medium Bakal Naik.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memutuskan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium kembali diperpanjang hingga satu bulan ke depan.  

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, berkaitan dengan harga eceran tertinggi beras, presiden berkenan menjaga fleksibilitas yang disampaikan beberapa waktu lalu.

"Jadi ada fleksibilitas harga, hari ini kita akan melakukan perpanjangan sampai dengan 31 Mei 2024," ujar Arief di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/4).

Baca Juga: Jaga Pasokan Pasca Lebaran, Bulog Gencar Lakukan Penyerapan Gabah

Selain itu, Arief menyampaikan, HET beras premium akan dinaikkan sesuai HET saat pemberlakuan relaksasi. Artinya, akan ada kenaikan HET beras premium Rp 1.000 per kilogram setiap wilayah.

Selain HET beras premium, rencananya juga akan ada kenaikan HET beras medium. Rencana ini masih akan didiskusikan lagi angkanya, namun kurang lebih HET beras medium akan menjadi berkisar Rp 12.000/Kg - Rp 12.500/Kg.

Menurut Arief, kebijakan ini menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap petani dan peternak. Pemerintah percaya bahwa produktivitas atau peningkatan produksi akan berbanding lurus dengan kesejahteraan petani dan peternak.

"Kita harus sampaikan kepada masyarakat utamanya konsumen bahwa memang dengan sangat terpaksa ini harus kita adjust karena agro input dari beberapa komoditas strategis ini juga meningkat," jelas Arief.

Seperti diketahui, relaksasi HET beras premium yang diberlakukan sementara ini menyasar pada 8 wilayah. HET disesuaikan menjadi adanya selisih lebih Rp 1.000 per kilogram (kg) dibandingkan HET sebelumnya. 

Baca Juga: Relaksasi HET Beras & Pasar Asimetris

Pada wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatra Selatan diberlakukan relaksasi HET beras premium menjadi Rp 14.900 per kg dari HET sebelumnya di Rp 13.900 per kg.

Kemudian wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kepulauan Bangka Belitung relaksasi HET beras premium diberlakukan Rp 15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp 14.400 per kg.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, relaksasi HET beras premium di Rp 15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp 14.400 per kg. Ini juga berlaku sama di wilayah Nusa Tenggara Timur dengan relaksasi HET beras premium Rp 15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp 14.400 per kg.

Sementara untuk wilayah Sulawesi, relaksasi HET beras premium menjadi Rp 14.900 per kg dari HET sebelumnya Rp 13.900 per kg. Untuk wilayah Kalimantan, relaksasi HET beras premium menjadi Rp 15.400 per kg dari HET sebelumnya Rp 14.400 per kg.

Baca Juga: Harga Beras Stabil pada Minggu Keempat Maret, Begini Kata BPS

Terakhir, untuk wilayah Maluku, relaksasi HET beras premium menjadi Rp 15.800 per kg daripada HET sebelumnya Rp 14.800 per kg. Relaksasi HET beras premium untuk wilayah Papua juga persis sama dengan wilayah Maluku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×