kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rangkaian Acara Hari Raya Waisak 2023, Siapkan Contoh Kata-Kata Ucapan Selamat


Minggu, 28 Mei 2023 / 05:05 WIB
Rangkaian Acara Hari Raya Waisak 2023, Siapkan Contoh Kata-Kata Ucapan Selamat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Siap-siap menyambut Hari Raya Waisak 2023. Berikut rangkaian acara peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yang disiapkan Kementerian Agama (Kemenag). Gunakan contoh kata-kata ucapan selamat Hari Raya Waisak 2023 untuk dikirim kepada umat Buddha yang tengah merayakan.

Dilansir dari website Kementerian Agama, Ditjen Bimas Buddha bersama dengan Walubi (Perwakilan Umat Buddha Indonesia), Permabudhi (Persatuan Umat Buddha Indonesia) dan lembaga-lembaga keagamaan Budha akan menyukseskan pelaksanaan peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur pada tanggal 4 Juni 2023 mendatang.

Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo mengatakan bahwa perayaan Waisak nanti akan menghadirkan banyak Bikkhu dari manca negara seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.

"Merupakan suatu kebanggaan bahwa Candi Borobudur telah resmi menjadi tempat ibadah umat Buddha, bukan hanya bagi umat Buddha Indonesia, tapi juga umat Buddha dunia," ucap Wibowo, di Jakarta, Jum’at (26/05/2023).

"Ada tradisi Thudong dimana para Bikkhu berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia menuju ke Candi Borobudur," lanjutnya.

Baca Juga: 22 Ucapan Waisak 2022 untuk Teman, Keluarga, Rekan Kerja, dan Atasan

Hari Raya Waisak tahun 2023 ini juga menjadi simbol kebersamaan umat Buddha, dimana dua organisasi keagamaan Budha terbesar di Indonesia, Walubi dan Permabudhi berkomitmen untuk merayakan Hari Raya Waisak secara bersama-sama. "Tidak mementingkan ego masing-masing, tapi mengutamakan sikap toleransi dan kebersamaan," ujarnya.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang libur nasional dan cuti bersama telah menetapkan Hari Raya Waisak jatuh pada 4 Juni 2023. Detik-detik Waisak di Indonesia akan dirayakan pada pukul 10.41. WIB.

Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama, Supriyadi menerangkan penetapan Hari raya Tri Suci Waisak di Indonesia menggunakan metode Purnama-Sidhi berdasarkan perhitungan Astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern.

Supriyadi merinci, bahwa satu tahun matahari berjumlah 365 hari. Sedangkan satu tahun lunar hanya 355 hari. Sehingga, terdapat perbedaan 10 hari setiap tahunnya.

Pada tahun kabisat lunar, dalam satu tahun terdapat 13 purnama. Pada saat itu, terdapat bulan Waisak ganda. Maka, perhitungannya berpatokan pada kalender lunar/chandra Buddhis yang sudah menyesuaikan dengan perhitungan kalender matahari/solar-surya. Atau, perhitungan luni-solar yang setiap satu daur 19 tahun terdapat 7 tahun kabisat lunar dengan 7 bulan sisipan.

"Tahun 2023 Masehi adalah tahun kabisat lunar di mana terdapat bulan Waisak ganda. Maka yang diambil adalah Purnama-Sidhi Waisak kedua yang jatuh pada 4 Juni 2023," tandasnya.

Rangkaian acara peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yang akan dilaksanakan antara lain sebagai berikut:
1. Acara Bakti Sosial Pengobatan Gratis pada tanggal 30 dan 31 Mei 2023,
2. Api Dharma di Mrapen, Grobogan, dan Ritual pensakralan di Candi Mendut pada tanggal 2 Juni 2023,
3. Pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, dan Ritual pensakralan Candi Mendut pada tanggal 3 Juni 2023,
4. Acara Kirab Waisak Candi Mendut ke Candi Borobudur, Detik-Detik Waisak, Pradaksina Candi Borobudur, dan Pelepasan Lampion Waisak pada tanggal 4 Juni 2023.

Acara festival pelepasan lampion merupakan pertanda penutupan perayaan Waisak 2567 BE tahun 2023. Festival lampion di Borobudur ini juga bisa diikuti oleh masyarakat umum.

Contoh ucapan Hari Raya Waisak 2023

Sama seperti perayaan hari raya agama lainnya, ucapan selamat Waisak juga perlu dibagikan kepada mereka yang merayakannya. Kata-kata ucapan selama Hari Raya Waisak 2023 juga bisa dijadikan status media sosial.

Bagi yang tengah mencari inspirasi untuk ucapan selamat Hari Raya Waisak 2023 , berikut sejumlah pilihan yang bisa digunakan, seperti dirangkum dari Kompas.com dan Tribunnews.

1. Selamat Hari Raya Waisak 2023 /2567 BE (Buddhist Era). Sabbe Satta Bhavantu Sukithata. Semoga semua makhluk berbahagia.

2. Tiada perlindungan yang aman di dunia ini, kecuali dharma yang dipraktikkan dengan ketulusan hati. Selamat Merayakan Hari Raya Waisak Tahun 2023 .

3. Semoga seluruh makhluk hidup selamanya dalam kebahagiaan dan terbebas dari segala kebencian serta permusuhan. Selamat Hari Tri Suci Waisak.

4. Selamat dan Damai Waisak untuk kalian semua. Bersinarlah bersama cahaya Waisak.

5. Waisak adalah hari kemenangan. Kalahkan amarah dengan ketenangan dan keanggunan. Selamat Hari Raya Waisak.

6. Seorang pangeran lahir pada hari dan bulan purnama ini. Bunga-bunga bermunculan, menjadi begitu hebat, jadi mari kita bersama-sama merayakannya. Selamat Hari Raya Waisak!

7. Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2023 . Semoga kita semua bisa bebas dari belenggu diri sendiri dan bisa hidup dalam kedamaian dan kebahagiaan yang penuh ketentraman.

8. Selamat memperingati Hari Raya Tri suci Waisak kepada seluruh umat Buddha. Di Hari Raya Waisak, mari kita saling memperat tali persaudaraan dan silaturahmi. Semangat gotong royong dalam menebarkan kebahagiaan.

9. Selamat Hari Raya Waisak. Semoga berkah Waisak membawa kebahagiaan, kedamaian dan ketentraman bagi kita semua. Sabhe Satha Bhavantu Sukitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

10. Keberagaman yang ada di Indonesia dapat dijaga dengan persaudaraan sejati dan gotong-royong dengan mengembangkan cinta kasih." Selamat memperingati hari Raya Trisuci Waisak 2023 /2567 BE.

11. Tri Suci Waisak adalah momen dalam merenungkan segala perbuatan yang telah dilakukan, apakah itu baik atau buruk untuk kita, maupun pihak lain. Semoga pada hari ini kita bisa intropeksi apa yang sudah kita perbuat. Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak.

12. Mari kita menjadi pribadi yang rendah diri dan selalu mewujudkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Salam pemersatu umat. Selamat Hari Tri Suci Waisak, semoga kita diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang lebih baik di masa depan.

13. Jatuh adalah bagian dari kehidupan. Bangkit kembali adalah hidup. Semoga Buddha memberkati kita. Selamat Hari Waisak. Baca juga: Perjuangan di Balik Nyepi dan Waisak Menjadi Hari Libur Nasional

14. Selamat memperingati Hari Waisak. Semoga semua makhluk yang hidup akan selamanya dalam kebahagiaan serta bisa terbebas dari segala kebencian yang ada.

15. Selamat Hari Waisak. Buddham Sharanam Gachami, Om Mani Padme Hum, Semoga Tuhan Buddha menerangi kehidupan seluruh umat.

16. Antara kelahiran dan kematian tidak ada hal lain yang terjadi selain cinta. Jika kehilangan cinta di antara kelahiran dan kematian, maka Anda telah kehilangan seluruh kesempatan hidup. Anda mungkin mengumpulkan pengetahuan dan uang serta prestise dan kekuasaan, tetapi jika telah kehilangan cinta maka Anda telah kehilangan makna hidup yang sebenarnya. Selamat Hari Raya Waisak 2023 .

17. Semoga Dewa Buddha mencerahkan jalan kalian menuju kedamaian dan ketentraman. Selamat Hari Raya Buddha Purnima.

18. Semoga ajaran buddha membimbing Anda dan memberkati Anda dengan damai sepanjang hidup. Selamat merayakan Hari Waisak 2023 .

19. Keberagaman yang ada di Indonesia bisa dijaga dengan mempererat persaudaraan sejati dan gotong-royong serta mengembangkan cinta kasih. Selamat memperingati Hari Raya Trisuci Waisak.

20. Ribuan lilin dapat dinyalakan dari satu lilin dan nyalanya tidak akan berkurang. Begitu pun kebahagiaan tidak akan pernah berkurang walau dibagi-bagi - Siddhartha Gautama (Gautama Buddha). Mari jadikan hari baik ini sebagai pengingat untuk saling membantu dan berbagi ke sesama di masa pandemi ini. Selamat Hari Raya Waisak.

21. Selamat Hari Trisuci Waisak untuk umat Buddha. Nafas ajaran Buddha adalah Metta, cinta kasih pada semuanya. Semoga semua makhluk berbahagia selamanya.

22. Jika selama hidup kita meneladani perbuatan baik sang Buddha, maka pastilah kita akan mendapatkan kemuliaan lahir dan batin. Selamat Hari Raya Waisak 2023 . Semoga jalan ke depan semakin cerah.

23. Semoga bulan purnama Buddha Purnima bisa menyingkirkan kegelapan, ketidaktahuan, kefanatikan dan kebencian. Datangnya Waisak semoga menandakan era kedamaian dan pencerahan kepuasan bagi dunia. Salam hangat pada hari ini. Selamat Hari Waisak.

24. Hari Vesak yang bahagia. Dunia melenturkan pikiran tentang diri sendiri, dan dari sini muncul ketakutan yang tak nyata. Diri adalah kesalahan, ilusi, mimpi. Buka matamu dan bangun. Lihat hal-hal sebagaimana adanya dan kamu akan dihibur. Selamat Hari Waisak. Baca juga: Lukisan Daun Bodhi Tarik Minat Turis Waisak di Borobudur

25. Berkah Buddha Purnima. Ide yang dikembangkan dan dijalankan adalah lebih penting daripada ide yang hanya ada hanya sebagai ide belaka. Selamat Hari Raya Waisak 2023 .

26. Semoga Tuhan memberkati dengan kekuatan, cinta, dan kebijaksanaan pada kesempatan Buddha Purnima ini. Selamat Hari Raya Waisak 2023 !

27. Selamat Hari Raya Waisak 2023 . Semoga Anda dapat menjelajahi seluruh alam semesta dengan rasa cinta dan juga kedamaian tanpa kebencian.

28. Selamat memperingati Hari Raya Waisak bagi semua teman-teman yang merayakan. Attahana rakkhati saranam dhammam annanam saranam dhammam lokhiya rakhati.

29. Mari menjadi pribadi yang rendah diri, selalu mewujudkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Salam pemersatu umat, selamat hari Tri Suci Waisak, semoga kita diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang lebih baik dan lebih indah.

30. Selamat Hari Raya Waisak. Semoga kehidupan semakin membahagiakan kedepannya dan terbebas dari kebencian di dunia ini yang terus mengintai.

Itulah contoh kata-kata dan ucapan selamat Hari Raya Waisak 2023 serta rangkaian acara saat peringatan Hari Raya Waisak 2023. Selamat menyambut Hari Raya Waisak 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×