kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puspenpol Sebut Gibran Effect Jadi Salah Satu Alasan Prabowo-Gibran Unggul


Rabu, 28 Februari 2024 / 20:01 WIB
Puspenpol Sebut Gibran Effect Jadi Salah Satu Alasan Prabowo-Gibran Unggul
ILUSTRASI. Vice president candidate Gibran Rakabuming Raka, the eldest son of?Indonesian President Joko Widodo and current Surakarta's Mayor, delivers his speech as Indonesia's Defence Minister and leading Presidential candidate Prabowo Subianto stands, at an event showing the quick-count results of the general election in Jakarta, Indonesia, February 14, 2024. REUTERS/Willy Kurniawan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Strategis Pusat Penerangan Poltiik (Puspenpol) Adrian Zakhary menilai bahwa pencawapresan Gibran Rakabuming Raka menciptakan Gibran Effect yang menjadi alasan banyak masyarakat yang memutuskan untuk memilih pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 14 Februari kemarin.

“Gibran menjadi pemantik pemilih untuk memutuskan memilih Prabowo-Gibran saat hari pencoblosan,” ujar Adrian dalam keterangannya Selasa (27/2).

Baca Juga: Sirekap Pilpres Data 77,74%: Suara Prabowo 58,84%, Anies 24,47%, Ganjar 16,69%

Hal tersebut menurut Adrian bukanlah tanpa sebab, Ia menjelaskan bahwa Gibran Effect tersebut dapat terjadi karena proses perkembangan Gibran dalam kurang lebih 3 bulan terakhir yang dapat tampil dengan baik dalam banyak kesempatan dan memunculkan sosok yang organik sebagai anak muda yang cerdas dan berprestasi.

“Bagaimana selama kurang lebih tiga bulan kemarin sosok Gibran yang mendapat berbagai serangan negatif justru mampu tampil dengan baik selama kampanye dan berhasil memunculkan sosoknya yang organik sebagai anak muda yang cerdas, berprestasi, sukses dan memiliki empati tinggi,” jelas Adrian.

“Hal ini tergambar dari Debat Cawapres yang memukau publik, kunjungan ke daerah yang mampu memikat anak muda, serta pertemuan dengan tim kampanye daerah, relawan dan berbagai unsur lain membuat Gibran berhasil mendorong kemenangan satu putaran untuk Paslon 02 Prabowo-Gibran,” lanjutnya.

Ketika ditanya soal gaya kampanye Gibran yang unik dan kekinian, Adrian menjelaskan bahwa kampanye Gibran di sosial media berhasil menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin muda dan berdampak secara positif terhadap ‘suara’ bagi Prabowo-Gibran

Baca Juga: APBN yang Sudah Mulai Pulih akan Kembali Terbebani Program Makan Siang Gratis?

“Kita melihat faktor UGC (User-Generated Content) atau konten yang dibuat organik oleh masyarakat (netizen/tiktoker) di Media Sosial ini gelombangnya sangat besar yang mendukung mas Gibran.

Sehingga akhirnya berdampak positif terhadap konversi dari Media Sosial ke Voters untuk Prabowo-Gibran,” ungkapnya.

Adrian dalam keterangannya menjelaskan bahwa Gibran Effect yang terjadi dalam Pilpres tahun ini akan menjadi trendsetter dalam perpolitikan di Indonesia.

Dimana Gibran dapat mengkonversi pemilih muda dan swing voters melalui media sosial.

“Tentu keberhasilan Gibran Effect juga ditopang oleh besarnya dukungan masyarakat melalui platform media sosial, terutama TikTok,” jelas Adrian

Baca Juga: Jokowi Bantah Ada Transaksi Politik Pemberian Gelar Jenderal Kehormatan Bagi Prabowo

Adrian juga menjelaskan bahwa Gibran memang secara data menjadi Cawapres yang paling populer diantara Cawapres yang lainnya dan menjadi bukti bahwa Gibran merupakan sosok yang dapat mewakili anak muda Indonesia.

“Berdasarkan data Puspenpol, Gibran berhasil menjuarai kepopuleran diantara semua Cawapres.

Saya melihat, Gibran terbukti mewakili anak muda Indonesia, dan jika Gibran bisa maka kita sebagai anak muda juga bisa,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×