kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,94   -3,77   -0.38%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

PT PII Beri Jaminan Terhadap Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi dengan Skema KPBU


Selasa, 08 Maret 2022 / 16:16 WIB
PT PII Beri Jaminan Terhadap Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi dengan Skema KPBU
ILUSTRASI. PT PII Berikan Penjaminan pada Proyek Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi dengan Skema KPBU.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Penjaminan dan Regres untuk proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi yang dilaksanakan di Kota Denpasar Bali bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Direktur Utama PT Tol Jagat Kerthi Bali Tito Sulistio dengan disaksikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster pada Selasa (8/3).

Sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, PT PII senantiasa berkomitmen mendukung upaya Pemerintah dalam mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur dengan skema pembiayaan alternatif, antara lain dengan skema KPBU.

Percepatan pembangunan infrastruktur ini juga merupakan langkah penting Pemerintah dalam rangka mengatasi dampak pandemi COVID-19 untuk pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Dukung Kelancaran Distribusi Logistik

Proyek Jalan Tol sepanjang 96,84 km ini ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 7 Tahun 2021 yang bertujuan untuk dapat memfasilitasi lalu lintas dari Barat ke Timur (dan sebaliknya) Pulau Bali dan sebagai akses kawasan wisata serta kawasan pembangunan strategis yang sedang dikembangkan.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat yaitu Kementerian Keuangan yang telah memberikan alternatif dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU dan juga fiscal tools salah satunya penjaminan pada proyek ini melalui PT PII serta PT Tol Jagat Kerthi Bali dan konsorsium yang terlibat yang terlibat sehingga proyek ini dapat berhasil ditandatangani yang nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan juga berdampak pada tersedianya lapangan kerja dan peningkatan pemulihan ekonomi nasional.

“Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi ini merupakan salah satu dari tiga proyek strategis nasional (PSN) yang memang harus segera dilaksanakan. Dalam pembangunan Jalan Tol ini yang terpenting adalah agar selalu dijaga atau keserasian pembangunan Jalan Tol ini harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidup. Adapun pembangunan Jalan Tol ini akan terus di monitor agar siap di operasikan di tahun 2024 mendatang”, Jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (8/3).

Baca Juga: Tahun Ini Konstruksi Tol Gedebage - Tasikmalaya Dimulai, Target Kelar Tahun 2024

“Perlu diingat, bahwa pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi ini juga harus diikuti dengan tata kelola yang perlu dijaga, baik secara financing maupun dalam pelaksanaanya. Hal ini menjadi penting agar Jalan Tol yang akan di operasikan nanti memiliki kualitas yang baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”, lanjut Basuki.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×