kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek Tol Padang - Sicincin Berlanjut, Target Rampung 2024


Minggu, 06 November 2022 / 10:02 WIB
Proyek Tol Padang - Sicincin Berlanjut, Target Rampung 2024
ILUSTRASI. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan jalan tol Pekanbaru?Padang


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembangunan jalan tol Pekanbaru–Padang, Seksi 1 Padang–Sicincin sepanjang 36,6 km. Ruas tol ini merupakan bagian dari sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kecepatan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ini akan sangat tergantung pada dukungan pemerintah daerah (Provinsi  Sumbar dan pemerintah kota/kabupaten terkait) dalam pembebasan lahan yang dilalui ruas tol.

"Kuncinya sekarang ada pemerintah kabupaten, kota dan juga provinsi. Seandainya  tanahnya clear, maka kita siap untuk melanjutkan dan mempercepat pembangunannya," kata Basuki dalam keterangan resmi yang dikutip Kontan.co.id, Minggu (6/11).

Baca Juga: Hingga Oktober 2022, 141 Proyek Strategis Nasional Telah Selesai Dibangun

Pembangunan tol Padang–Sicincin dimulai pada Februari 2018 dengan progres konstruksi saat ini mencapai 45,5% dan progres pembebasan lahan 81,2%. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah membentuk tim percepatan pembebasan lahan jalan tol untuk membantu Kementerian PUPR seperti pemberkasan dan mediasi sengketa.

Menteri PUPR menargetkan pembebasan lahan dapat selesai 100% pada Desember 2022, sehingga percepatan konstruksi dapat dilakukan dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Sebagai informasi, jalan tol Padang – Sicincin merupakan salah satu seksi dari jalan tol Padang - Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km. Rinciannya Seksi 1 Padang–Sicincin, Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru.

Adapun pembangunan jalan tol Pekanbaru–Padang dilaksanakan PT Hutama Karya melalui perjanjian pengusahaan jalan tol yang ditandatangani pada tanggal 11 Oktober 2017.

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalur logistik dan jalur pariwisata mendukung peningkatan perekonomian di wilayah Sumatera Barat dan Riau,” kata Basuki.

Baca Juga: Proyek Ruas Jalan Tol Padang - Sicincin Ditargetkan Tuntas 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×