kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,15   1,73   0.19%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden: Plumpang Zona Bahaya, Perintahkan Gubernur DKI dan Menteri BUMN Cari Solusi


Minggu, 05 Maret 2023 / 11:24 WIB
Presiden: Plumpang Zona Bahaya, Perintahkan Gubernur DKI dan Menteri BUMN Cari Solusi
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko WIdodo dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi pengungsi korban terdampak dari kebakaran Depo Pertamina di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Jakarta Utara, MInggu (5/3/2023).


Reporter: kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menegasan kawasan Plumpang, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terutama yang berada dekat dengan Depo Pertamina Plumpang, merupakan zona berbahaya. 

Diketahui, sebanyak 17 orang meninggal dunia dan 51 lain luka-luka akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3/2023) malam. 

"Ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali," kata Jokowi setelah memeriksa kondisi pengungsi di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). 

Presiden menyatakan telah memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono segera mencari solusi atas masalah persoalan di Plumpang. 

Solusi tersebut, kata Presiden, bisa berupa merelokasi warga setempat atau memindahkan Depo Pertamina Plumpang ke reklamasi. "Harus ada solusinya. Bisa saja (Depo Pertamina) Plumpang-nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi," katanya. 

Menurut Presiden Jokowi, solusi tersebut nantinya akan diputuskan Erick dan Heru Budi. 

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo itu menekankan agar zona berbahaya yang menjadi tempat tinggal penduduk harus diaudit. Sebab, hal itu berkaitan dengan keselamatan jiwa penduduk. 

"Semuanya memang harus zona-zona berbahaya ini tidak hanya di sini saja, harus diaudit, harus dievaluasi semuanya karena menyangkut nyawa," terang Presiden. 

Kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang di Jalan Tanah Merah Bawah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam. 

Api dilaporkan muncul pada pukul 20.11 WIB, berasal dari ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di area Depo. Sebanyak 17 orang dilaporkan meninggal dunia dan 51 luka-luka akibat kebakaran ini. Sementara, ratusan lebih dari seribu warga setempat mengungsi di sejumlah lokasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Soal Kebakaran Plumpang: Ini Zona Berbahaya, Tidak Bisa Ditinggali", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/03/05/11014191/jokowi-soal-kebakaran-plumpang-ini-zona-berbahaya-tidak-bisa-ditinggali.

Penulis : Syakirun Ni'am
Editor : Fabian Januarius Kuwado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×