kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi blak-blakan terkait proyek infrastruktur yang selesai jelang Pemilu


Selasa, 27 November 2018 / 13:19 WIB
Presiden Jokowi blak-blakan terkait proyek infrastruktur yang selesai jelang Pemilu
ILUSTRASI. Progres Pembangunan Jalan Tol Serpong - Cinere


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) blak-blakan terhadap proyek-proyek infrastruktur yang siap diresmikan di tahun depan bertepatan dengan pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Di acara Kompas 100 CEO Forum, Presiden merinci proyek infrastruktur yang sudah siap diresmikan awal bulan depan. "Awal bulan depan kita akan resmikan Infrastrukrur yang dibangun selama empat tahun ini," katanya, Selasa (27/11).

Proyek di bulan Desember 2018 yang selesai itu adalah, jalan tol Jakarta-Surabaya yang sudah mulai tersambung. Sementarajalan tol Merak- Banyuwangi akan selesai akhir 2019.

Kemudian, jalan tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar yang sepanjang 148 kilometer (km) juga akan diresmikan Desember ini. Lalu untuk Bakauheni-Palembang sepanjang 350 km diusahakan April 2019 selesai.

"Insya Allah nanti saya tanya ke kontraktornya katanya Juni. Saya tawar mbok April. Mbok agak maju dikit ke April biar ada manfaatnya," lanjut Presiden. April dipilih agar bisa dimanfaatkan pada Lebaran tahun depan.

Tapi selanjutnya Presiden bilang, selain menyambut Lebaran, pertimbangan April juga untuk menyambut Pemilu di tahun depan yang bertepatan pada bulan yang sama. "Tapi ya termasuk untuk Pemilu itu juga, udah kita blak-blakan saja. Orang udah mau selesai kok harus kita resmikan kalau tidak ya harus mundur," tukas Presiden.

Kemudian, proyek lain yang selesai di akhir tahun ini ada Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara. Serta Makassar New Port ditargetkan selesai Januari 2019 selesai. Tak ketinggalan, runway ketiga di bandara Soekarno Hatta yang sedikit mundur selesainya di pertengahan 2019.

Hal itu karena dikarenakan pembebas lahan yang sedikit terhambat. Proyek runway ini dikejar, mengingat traffic penerbangan di Soekarno Hatta yang sangat padat. "Kita rasakan mau naik pesawat aja tunggu 30 menit. Turun juga muter muter di atas karna telat bangun runway ketiga" tutur Presiden. 

Padahal, permintaan dari India, China, Thailand untuk terbang langsung ke Jakarta tidak bisa karena slotnya penuh. "Hal ini yang saya sampaikan pada Menhub, MenPUPR, Menteri BUMN, kejar cepat, selesaikan, ga bisa nunggu-nunggu," katanya.

Melihat banyaknya proyek yang selesai di 2019 dan menjelang Pemilu, Presiden mengaku heran. "Saya juga heran kenapa semuanya selesai menjelang Pemilu?," ucap dia. Lanjut Jokowi, selama empat tahun terkahir ini pemerintah terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Tak hanya berpusat di Jawa saja, tapi juga di seluruh kawasan Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×