Prancis tambah dukungan vaksin Covid-19 bagi Indonesia sebanyak satu juta dosis


Rabu, 24 November 2021 / 14:26 WIB
Prancis tambah dukungan vaksin Covid-19 bagi Indonesia sebanyak satu juta dosis
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Prancis tambah dukungan vaksin Covid-19 bagi Indonesia sebanyak satu juta dosis


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perancis berencana menambah dukungan vaksin Covid-19 bagi Indonesia sebanyak satu juta dosis. 

Hal tersebut merupakan salah satu hasil pembahasan dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean Yves Le Drian, Rabu (24/11/2021).

 "Untuk vaksin (Covid-19), Indonesia menyampaikan apresiasi rencana tambahan dukungan vaksin sebesar satu juta dosis dari Prancis," kata Retno usai pertemuan. 

Retno mengatakan, sebelumnya Perancis telah memberikan dukungannya kepada Indonesia dengan memberikan sebanyak 3,8 juta dosis vaksin AstraZeneca. 

Baca Juga: Tembus US$ 600 miliar, IPO global catatkan rekor tahun ini

Rencana penambahan dukungan vaksin Covid-19 itu merupakan salah satu dari beberapa kerja sama kesehatan dengan Perancis yang akan terus dilanjutkan. 

"Kerja sama kesehatan akan dilanjutkan, dalam konteks memperkuat arsitektur kesiapan dunia dalam menghadapi pandemi yang akan datang," ujar dia. 

Adapun dalam pertemuan bilateral tersebut juga dilakukan penandatanganan Plan of Action for Deepening Strategic Partnership Between Indonesia-France 2022-2027. 

Kerja sama kesehatan yang dimaksud itu merupakan bagian dari rencana aksi yang ditandatangani.  Kerja sama dilakukan karena Perancis merupakan salah satu mitra dagang penting Indonesia, yakni mitra dagang terbesar kelima dari Eropa. 

Baca Juga: Tingkatkan daya tarik pariwisata, pemerintah Prancis gelontorkan dana US$ 2,2 miliar

"Tahun ini, tahun kesepuluh sejak Indonesia-Prancis memiliki kemitraan strategis. Guna memberi arah yang lebih jelas untuk kemitraan 5 tahun ke depan, kami baru saja menandatangani rencana aksi," kata Retno. 

Selain sektor kesehatan, beberapa prioritas dalam rencana aksi tersebut adalah pertahanan, perubahan iklim, energi, dan maritim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perancis Akan Tambah Dukungan Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Indonesia"
Penulis : Deti Mega Purnamasari
Editor : Icha Rastika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×