kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prabowo - Gibran Resmi Berpasangan, Rabu (25/10) Daftar ke KPU


Minggu, 22 Oktober 2023 / 21:12 WIB
Prabowo - Gibran Resmi Berpasangan, Rabu (25/10) Daftar ke KPU
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bacapres Prabowo Subianto bersama para Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai bacawapres 2024 di Kertanegara, Jakarta Selatan (22/10/2023) malam.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prabowo Subianto mengumumkan bahwa Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Adapun hal tersebut merupakan keputusan final dari gabungan partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan parpol.

Delapan parpol tersebut diantaranya Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik dan Partai Prima.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Resmi Mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024

"Kita berembug secara final, secara konsesus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo dikutip dari live streaming Kompas TV, Minggu (22/19).

Prabowo menyampaikan, rencananya dirinya dan Gibran akan melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 25 Oktober esok.

"Dan tanggal 25 hari rabu kita akan daftar ke KPU," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa, dirinya enggan menangapi adanya partai politik yang mengusung sang putra sulung yakni Gibran Rakabuming menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Menurutnya, hal tersebut menjadi ranah partai politik atau koalisi gabungan partai politik. Adapun jika kemudian Gibran diajukan menjadi cawapres menurutnya orang hanya bertugas untuk mendoakan dan memberi restu.

Baca Juga: Ketum PAN: Nama Cawapres Prabowo Subianto Diumumkan Malam Ini

"Orang tua hanya mendoakan dan merestui, keputusannya karena sudah dewasa jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (22/10).

Ia juga enggan menilai apakah Gibran cocok sebagai Cawapres dari Prabowo Subianto. Hal tersebut menurut Jokowi menjadi ranah dari koalisi. Menurutnya semua pasangan Capres-Cawapres yang saat ini sudah cocok.

"Semuanya cocok, Pak Anies dengan Pak Muhaimin cocok, Pak Ganjar sama Pak Mahfud cocok, Pak Prabowo juga cocok," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×