kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.894.000   -2.000   -0,11%
  • USD/IDR 16.205   2,00   0,01%
  • IDX 7.898   -32,88   -0,41%
  • KOMPAS100 1.110   -7,94   -0,71%
  • LQ45 821   -5,85   -0,71%
  • ISSI 266   -0,63   -0,24%
  • IDX30 424   -3,04   -0,71%
  • IDXHIDIV20 487   -3,38   -0,69%
  • IDX80 123   -1,10   -0,89%
  • IDXV30 126   -1,56   -1,22%
  • IDXQ30 137   -1,32   -0,96%

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga hanya 4,94%


Rabu, 04 Mei 2016 / 13:37 WIB
Pertumbuhan konsumsi rumah tangga hanya 4,94%


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Konsumsi rumah tangga tak juga mengalami perbaikan yang berarti pada kuartal I 2015. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia kali pertama sejak kuartal pertama 2012 tak mampu menyentuh angka 5% secara tahunan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan pertama tahun ini hanya sebesar 4,94% year on year (YoY). Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan triwulan pertama 2015 yang tercatat sebesar 5,01%. Namun angka tersebut naik sedikit dibanding triwulan keempat 2015.

"Konsumsi rumah tangga turun dibanding kuartal pertama 2015 tetapi quarter to quarter naik 0,17%," kata Suryamin dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (4/5).

Meski pertumbuhannya melambat, konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun ini yaitu 56,86% dengan pertumbuhan 4,92% YoY. Sementara itu penyumbang terbesar kedua yakni pembentukan modal tetap bruto (PMTB) sebesar 33,16% dengan pertumbuhan 5,57% YoY.

Kemudian sumbangan terbesar ketiga yakni ekspor sebesar 18,78% namun pertumbuhannya menurun 3,88% YoY dan impor dengan sumbangan 18,77% namun pertumbuhannya menurun 4,24% YoY. Selain itu, konsumsi pemerintah dengan sumbangan 6,8% dan pertumbuhan 2,93% YoY dan pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit rumah tangga dengan sumbangan 1,16% dan pertumbuhan 6,38% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mengelola Tim Penjualan Multigenerasi (Boomers to Gen Z) Procurement Strategies for Competitive Advantage (PSCA)

[X]
×