CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Persiapan Idul Fitri Jadi Salah Satu Faktor Pendorong Kinerja Manufaktur April 2022


Kamis, 05 Mei 2022 / 15:04 WIB
Persiapan Idul Fitri Jadi Salah Satu Faktor Pendorong Kinerja Manufaktur April 2022
ILUSTRASI. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja manufaktur Indonesia tampak tangguh pada April 2022. S&P Global Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada April 2022 tercatat 51,9, atau meningkat dari 51,3 pada bulan Maret 2022.

Dengan capaian ini, berarti terlihat ada peningkatan kondisi bisnis di seluruh sektor manufaktur Indonesia selama delapan bulan berturut-turut. Bahkan, tingkat peningkatan pada bulan April 2022 merupakan yang tercepat sejak Januari 2022.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio N. Kacaribu mengatakan, peningkatan kinerja manufaktur ini, salah satunya, didorong oleh momen Ramadan dan persiapan menyambut Idul Fitri.

Baca Juga: S&P Global: Meski Naik, Industri Manufaktur Indonesia Masih Hadapi Kendala Pasokan

“Adanya kepercayaan masyarakat untuk beraktivitas, terutama dalam menghadapi Ramadan dan persiapan menyambut Idul Fitri. Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh dunia bisnis,” tulis Febrio dalam keterangannya, seperti dikutip Kamis (5/5).

Nah, Febrio juga yakin, kepercayaan masyarakat untuk beraktivitas ini merupakan buah dari bauran kebijakan penanganan pandemi Covid-19 serta kecepatan vaksinasi yang semakin baik.

Selain permintaan dalam negeri yang menguat, penguatan sektor manufaktur ini juga didukung oleh permintaan ekspor dari negara-negara mitra dagang Indonesia. Ini kemudian menjadi angin segar bagi prospek pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022.

Seiring dengan peningkatan permintaan tersebut, pelaku usaha terus meningkatkan kapasitas produksinya dengan terus membuka lapangan kerja baru dan menambah persediaan.

Pembukaan lapangan kerja ini bahkan berada pada indeks tertinggi sepanjang sejarah, setidaknya dalam 11 tahun terakhir.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×