kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perluasan BPNT tahap I akan disalurkan pada Mei mendatang


Rabu, 18 April 2018 / 12:25 WIB
Perluasan BPNT tahap I akan disalurkan pada Mei mendatang
ILUSTRASI. MENKO PMK PUAN MAHARANI


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK) menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait dengan persiapan perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahap I yang akan disalurkan bulan Mei 2018. Rakor di pimpin langsung oleh Menko PMK, Puan Maharani.

Menurut Menko PMK, saat ini pemerintah sedang mematangkan persiapan perluasan penyaluran BPNT, namun sebelum itu harus dapat memastikan bahwa pelaksanaan penyaluran BPNT tahun 2017 kepada 1, 2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) berjalan dengan baik dan perencanaan untuk penyaluran tahun 2018 dilakukan secara cermat.

“Adapun  RTM pada hari ini untuk memastikan kesiapan perluasan BPNT serta akan difokuskan pada Penetapan Perluasan BPNT Tahap I yang rencananya akan disalurkan pada Mei 2018 dan Monitoring Evaluasi untuk Perluasan Tahap II,”terang Menko PMK dalam keterangannya, Rabu (18/4).

Menurut Menko PMK, perluasan BPNT tahap I akan menambah sebanyak 2, 01 juta KPM dengan menambah 24 Kabupaten/Kota. Jadi total penyaluran BPNT setelah adanya perluasan penyaluran tahap I sebanyak 3, 3 juta KPM di 68 Kabupaten/Kota. “Untuk kab/kota yang belum siap dengan tranformasi Rastra ke BPNT tetap mendapat Bansos Rastra reguler,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Menko PMK, rencana perluasan BPNT tahap II akan dilaksanakan pada Juni 2018 dengan menambah 2, 2 juta KPM di 34 Kabupaten/Kota. Namun, hasil evaluasi dan monev, masih ada pending isu yang harus segera diselesaikan yaitu terkait penyerahan KKS dan masih kurangnya e-warong. “Saya minta agar Himbara segera merekrut kekurangane-warong paling lambat Juli 2018,” harapnya.

RTM yang dilaksanakan di ruang rapat Menko Lt.1 di hadiri oleh Menteri Sosial Idrus Marhan; Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo; Kepala Sekretariat TNP2K Bambang Widyanto; perwakilan Kemenko Perekonomian; Kemen seskab; Kemendagri; Kemen PPN/Bappenas; Kemen BUMN; Bank Indonesia; OJK ; Perum Bulog; serta Himbara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×