kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Perayaan Waisak di Borobudur akan dihadiri JK


Jumat, 20 Mei 2016 / 09:47 WIB
Perayaan Waisak di Borobudur akan dihadiri JK

Berita Terkait

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

YOGYAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla dipastikan akan menghadiri Dharmasanti Waisak 2560 BE, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5) malam.

"Sedianya acara ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, namun tiba-tiba berhalangan maka diwakili oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla," kata Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Siti Hartati Murdaya, di Borobudur, Kamis (19/5).

Kegiatan Dharmasanti diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI yang didukung oleh Walubi dan KASI. Hadir semua umat Buddha dari berbagai aliran, tokoh agama lain, serta tokoh-tokoh agama lain dan diplomat negara-negara sahabat.

Hartati memaparkan, rangkaian Tri Suci Waisak 2560 BE/2016 telah dimulai Minggu 8 Mei 2016 dengan membersihkan Taman Makam Pahlawan di seluruh Indonesia.

Kegiatan selanjutnya adalah bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi warga miskin di sekitar Borobudur di Taman Lumbini TWCB, 19 hingga 20 Mei 2016.

Sedangkan hari ini, Jumat (20/5/2016), dilakukan pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung dan pengambilan api alam dari Mrapen, Grobogan, Kabupaten Purwodadi.

"Air suci dan api abadi itu akan disemayamkan satu malam di Candi Mendut, Kabupaten Magelang," ujar Hartati.

Hartati mengatakan, Sabtu, 21 Mei 2016, akan dilangsungkan prosesi pindapata yang diikuti oleh para Bhiksu dan Bhiksuni dan umat Buddha di Jalan Pemuda Kota Magelang.




TERBARU

Close [X]
×