kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjelasan Puan Maharani Terkait Ketidakhadiran Jokowi di Pengumuman Cawapres Ganjar


Rabu, 18 Oktober 2023 / 11:09 WIB
Penjelasan Puan Maharani Terkait Ketidakhadiran Jokowi di Pengumuman Cawapres Ganjar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama para ketua parpol pendukung, bacapres Ganjar Pranowo, dan Mahfud MD saat pengumuman bakal calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 di Jakarta (18/10/2023).


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ada yang berbeda dalam pengumuman calon wakil presiden dari PDI-P kali ini yakni dilakukan tanpa kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berada di China.

Terkait hal ini, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani menegaskan bahwa antara partainya dan Jokowi tidak mengalami pecah kongsi soal calon wakil presiden (cawapres).  

Puan menyampaikan hal ini di kantor DPP PDI-P detik-detik menjelang pengumuman cawapres Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: Megawati Tetapkan Mahfud MD Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo Untuk Pemilu 2024

"Enggak ada pecah kongsi, sama sekali. Semuanya baik-baik saja," kata Puan saat ditemui di kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (18/10/2023). 

Menurut Puan, yang juga ketua DPR ini, PDI-P tetap menghormati dan menghargai semua sikap politik dari sejumlah tokoh. Namun, tak disebutkan apakah itu terkait sikap politik Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024. Hari ini, Jokowi tak hadir dalam pengumuman cawapres Ganjar. 

Ia tengah berada di China untuk kunjungan kerja. Jokowi dipersepsikan akan mengarahkan dukungan untuk Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. 

Di sisi lain, Puan mengingat pesan Jokowi yang menyerahkan soal pengusungan capres dan cawapres adalah ranah partai politik. 

Baca Juga: Jadi Bakal Cawapres Ganjar, Mahfud MD Punya Harta Rp 29,54 Miliar

"Pak Jokowi sampaikan urusan capres dan cawapres itu adalah urusan partai politik. Jadi ini merupakan hal daripada partai politik, yaitu PDI Perjuangan bersama partai yang bersama dengan PDI Perjuangan ada Partai Perindo, Hanura, dan PPP," kata dia. 

Hubungan PDI-P dan Jokowi seolah merenggang belakangan ini. Terlebih lagi, Jokowi seolah melempar sinyal dukungan ke capres lain, yaitu Prabowo Subianto. 

Bersamaan dengan itu, organisasi relawan Pro Jokowi (Projo) juga telah mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo. Adapun Projo ini adalah pimpinan Ketua Umum Budi Arie Setiadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Tak Hadiri Pengumuman Cawapres Ganjar, Puan Tegaskan Tak Pecah Kongsi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×