kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cawapres Ganjar Pranowo, Perindo Menyerahkan Keputusan ke Megawati dan Jokowi


Jumat, 16 Juni 2023 / 17:40 WIB
Cawapres Ganjar Pranowo, Perindo Menyerahkan Keputusan ke Megawati dan Jokowi
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo makan bersama dengan Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menyerahkan keputusan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

Hal ini disampaikan Koordinator Juru Bicara Nasional Perindo Heri Budianto merespons rencana Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusulkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk menjadi cawapres Ganjar.

"Semua akan kembali kepada Ibu Ketua Umum Megawati dan Pak Jokowi, siapa yang akan diusung bersama Ganjar," kata Heri saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga: Pilpres 2024, Ganjar Pranowo: Insya Allah, Kita akan Menangkan Satu Putaran

Menurut Heri, rencana PPP mengusulkan Sandiaga sebagai cawapres Ganjar adalah wajar karena semua partai politik punya hak untuk mengusulkan kadernya.

Heri pun mengakui ada sejumlah kader Perindo yang mengusulkan Ketua Harian Mohammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai cawapres.

"Semua parpol koalisi berhak mengusulkan kader terbaiknya untuk menjadi cawapees Ganjar, begitupun Partai Perindo," kata dia.

Namum, Heri menekankan bahwa pada akhirnya keputusan mengenai siapa cawapres pendamping Ganjar berada di tangan Megawati dan Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, PPP akan menggelar rapat pimpinan nasional untuk membahas peluang Sandiaga diusung sebagai cawapres pendamping Ganjar. Sejauh ini, Ganjar sudah resmi didukung empat partai yakni PDI-P, PPP, Perindo, dan Hanura.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto pun mempersilakan PPP bila ingin mengusulkan Sandiaga sebagai cawapres.

Namun, Hasto menegaskan bahwa sudah ada mekanisme yang jelas dalam menentukan siapa sosok yang bakal menjadi cawapres pendamping Ganjar.

Baca Juga: Hary Tanoe: Kerja Sama Perindo-PDI-P untuk Menangkan Ganjar Pranowo Sebagai Presiden

Ia mengatakan, dalam menentukan cawapres Ganjar, PDI-P akan mempertimbangkan faktor konstelasi, elektoral, hingga perpaduan antara tokoh tersebut dengan Ganjar dalam memimpin dan menyelesaikan masalah rakyat.

"Sehingga, (nanti) secara empiris sudah terbukti bahwa pada akhirnya akan muncul sosok pemimpin dwitunggal yang mendampingi Pak Ganjar," kata Hasto, Senin (12/6/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perindo Serahkan Keputusan Cawapres Ganjar ke Megawati dan Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×