kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengusaha Beras Ini Jagokan Gibran Maju DKI 1 dan Anies Jadi RI 1


Jumat, 29 April 2022 / 15:38 WIB
Pengusaha Beras Ini Jagokan Gibran Maju DKI 1 dan Anies Jadi RI 1
ILUSTRASI. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memasuki mobil dinas


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski pemilihan gubernur DKI Jakarta dan presiden masih dua tahun lagi, namun peta calon pemimpin Ibu Kota dan negara sudah ramai. Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, diprediksi bakal ikut kontestasi dalam pemilihan DKI 1. Sedangkan tingkat elektabilitas Anies Baswedan, Gubernur Jakarta, konsisten di tiga besar kandidat presiden.

Billy Haryanto, pengusaha beras asal Solo, memprediksi Gibran dan Anies Baswedan masing-masing bakal menjadi gubernur Jakarta dan presiden. "Di 2024, Gibran akan naik kelas, begitu juga Anies." Saya yakin, biasanya saya tidak meleset," ujar Billy dalam keterangan persnya Jumat (29/4).

Baca Juga: Gibran dan Kaesang Pangarep dilaporkan ke KPK Atas Dugaan TPPU dan KKN

Billy memang tak pernah meleset kalau soal jago-menjago Pilkada. Pada 2012, misalnya, Billy menyokong total Wali Kota Solo saat itu Joko Widodo dalam pertarungan dua ronde di Pilkada Jakarta. Hasilnya, Jokowi menang.

Sedangkan di Pilkada 2017, meski Billy pendukung Jokowi, tapi ia memilih mendukung Anies ketimbang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kolega Jokowi. Anies menang sesuai prediksi Billy.

Dengan pengalaman itu, Billy juga mendukung Gibran dalam pemilihan gubernur Jakarta 2024. Soal siapa calon pendamping Gibran yang cocok, Billy mengatakan siap saja boleh asalkan bisa bekerja.

Belakangan nama Syahroni, bendahara umum Partai Nasdem disebut-sebut kandidat pendamping Gibran. "Biarkan masyarakat yang menilai," kata Billy. "Yang jelas Gibran yang nomor satu."

Billy memiliki alasan kenapa ia mendukung putra Presiden Jokowi itu. Meski baru setahun menjabat, menurut Billy, Gibran sudah menunjukkan kualitasnya dalam bekerja. Januari 2022, misalnya, pemerintah Solo dan Kementerian Pekerjaan Umum merevitalisasi Pasar Legi.

Selain itu pembangunan Masjid Syeikh Zayed yang ditargetkan rampung Agustus mendatang. Masjid Syeikh Zayed merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab, Syeikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Masjid ini akan menjadi destinasi wisata religi baru di Solo.

Gibran juga bakal merevitalisasi Taman Balekambang, destinasi wisata yang bakal menyaingi Candi Borobudur di Magelang. Pun dengan revitalisasi Pasar Malam Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto. Kedua tempat ini diharapkan bisa seperti Malioboro di Jogja. "Jadi orang Solo kalau mau kulineran bisa ke sini tidak perlu ke Malioboro lagi," kata Billy yang mengetahui proyek itu.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Gelar Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium

Tak hanya itu, Gibran juga berupaya membangun Solo sebagai kota toleran. Dalam riset indeks kota toleran oleh Setara Institute, Solo dinobatkan sebagai kota toleran nomor 9 pada 2021. Ia mengajak masyarakat Solo untuk terus memupuk sikap toleran di antara sesama.

Selain Gibran, Billy juga memprediksi Anies bakal menjadi presiden di 2024. Menurut Billy, baik Gibran dan Anies merupakan putra terbaik bangsa yang punya kans menjadi pemimpin di masa mendatang.

"Dua-duanya cocok naik kelas. Satu dari wali kota jadi gubernur, satu lagi dari gubernur jadi presiden. Lulus tidaknya biar masyarakat yang menilai," kata Billy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×