kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penetapan syarat penerima dana insentif daerah bisa memotivasi pemda berinovasi


Selasa, 21 Juli 2020 / 18:44 WIB
Penetapan syarat penerima dana insentif daerah bisa memotivasi pemda berinovasi
ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, membacakan sumpah janji pelantikan Walikota dan Bupati di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan tambahan alokasi Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 5 triliun kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

Tambahan DID ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 87/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Insentif Daerah Tambahan Tahun Anggaran 2020.

Baca Juga: Kemenkeu pastikan dana insentif daerah tambahan diberikan ke Pemda berprestasi

Hal yang menarik, pengalokasian DID tambahan periode pertama ini akan dialokasikan berdasarkan Pemda pemenang lomba inovasi daerah dalam tatanan normal baru yang ditentukan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri), serta kinerja Pemda di dalam penanganan Covid-19 yang dihitung berdasarkan prasyarat utama dan kategori kinerja.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Riza Annisa Pujarama menilai, pada dasarnya kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah memiliki tujuan yang baik.

"Kriteria ini bisa digunakan untuk memotivasi daerah agar terus berinovasi dan bergerak meski dalam situasi pandemi, sehingga aktivitas daerah terus bergerak dan tujuan-tujuan pembangunan bisa tercapai," ujar Riza kepada Kontan.co.id, Selasa (21/7).

Baca Juga: Dorong pemulihan ekonomi, Kemenkeu tambah alokasi dana insentif daerah Rp 5 triliun

Riza melanjutkan, apabila dilihat secara sepintas memang akan ada potensi ketidakmerataan. Namun ia mengingatkan, bahwa alokasi DID ini berbeda dan penyaluran bantuannya tidak harus didapatkan oleh semua daerah.

Pasalnya, DID ini memang diberikan atas kriteria tertentu sebagai bentuk apresiasi kepada Pemda, sekaligus memicu Pemda agar berkinerja baik.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×