kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Penerima Kartu Prakerja gelombang 11 sudah diumumkan, begini cara mengeceknya


Rabu, 11 November 2020 / 08:41 WIB
Penerima Kartu Prakerja gelombang 11 sudah diumumkan, begini cara mengeceknya
ILUSTRASI. Hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 11 telah diumumkan pada Selasa (10/11/2020). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 11 telah diumumkan pada Selasa (10/11/2020) pukul 18.00 WIB. 

Sebelumnya, pendaftaran gelombang ke-11 dibuka pada 2-4 November 2020. Sebanyak 6 juta pendaftar tercatat.

"Pengumuman gelombang 11 sudah dilakukan tadi jam 18.00 WIB," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Prakerja Louisa Tuhatu kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2020) malam. 

Ia menambahkan, peserta yang dinyatakan lolos kurang lebih 390 ribu orang. "Sekitar 390 ribu (peserta lolos)," tutur Lousia. 

Baca Juga: Kata Menaker soal penyaluran subsidi gaji termin kedua

Cara mengecek 

Pengumuman Prakerja gelombang 11, lanjutnya, disampaikan melalui SMS. Hal tersebut juga dapat dicek melalui dashboard masing-masing pendaftar di laman prakerja.go.id. "Betul (pengumuman disampaikan melalui SMS dan bisa dilihat di dashboard masing-masing)," ujar dia. 

Sebagai tambahan informasi, kuota yang dialokasikan pada Kartu Prakerja gelombang 11 ini berasal dari penerima Kartu Prakerja gelombang 1 hingga 10 yang dicabut kepesertaannya. Tercatat, ada sebanyak 382.868 kepesertaan yang dicabut. 

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 ditutup, kapan hasilnya diumumkan?

Pencabutan kepesertaan terjadi karena peserta tidak melakukan pembelian pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah mereka dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.

Kriteria 

Louisa menjelaskan, kriteria yang digunakan dalam menyeleksi pendaftar Kartu Prakerja gelombang 11 didasarkan pada Permenko Nomor 11 Tahun 2020. 

"Kartu Prakerja terbuka untuk mereka yang berusia di atas 18 tahun dan tidak termasuk dalam blacklist," kata dia. 

Lebih lanjut, yang termasuk dalam blacklist antara lain ASN, anggota Polri/TNI, pelajar, dan orang yang sudah pernah menerima bansos dalam bentuk lain. "Untuk tahun 2020 ini program Kartu Prakerja juga memberi prioritas pada mereka yang menjadi korban pandemi," tambahnya. 

Baca Juga: Subsidi gaji pekerja mencapai Rp 14,88 triliun hingga 30 Oktober 2020

Louisa mengimbau peserta yang dinyatakan lolos Kartu Prakerja gelombang 11 untuk segera membeli pelatihan dalam waktu 30 hari supaya kepesertaan tidak tercabut. 

"Setelah itu gunakan dana pelatihan sebesar 1 juta rupiah untuk membeli pelatihan sebanyak-banyaknya karena dana ini tidak dapat ditarik tunai," ujar dia. 

Baca Juga: ​Gagal lolos seleksi Prakerja berkali-kali? Mungkin ini 4 penyebabnya

Ia menambahkan, peserta memiliki kesempatan hingga 15 Desember 2020 untuk menggunakan semua dana pelatihan. Sedangkan, bagi peserta yang tidak lolos, ia mengatakan dapat mendaftar pada program Kartu Prakerja tahun depan. 

"Untuk mereka yang belum lolos seleksi tahun ini jangan berkecil hati karena program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2021," tutur Louisa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerima Kartu Prakerja Gelombang 11 Diumumkan, Ini Cara Ceknya!"
Penulis : Mela Arnani
Editor : Jihad Akbar

 

Selanjutnya: Penjelasan Menaker terkait penyaluran subsidi gaji termin ke II

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×