kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 Belum Ditutup, Segera Daftar Di Prakerja.go.id


Senin, 27 Maret 2023 / 05:55 WIB
Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 Belum Ditutup, Segera Daftar Di Prakerja.go.id
ILUSTRASI. Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 Belum Ditutup, Segera Daftar Di Prakerja.go.id


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Info penting yang ingin ikut program Kartu Prakerja. Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 50 tahun 2023 masih dibuka pada hari ini, Senin 27 Maret 2023. Untuk daftar Prakerja gelombang 50 klik link website Prakerja.go.id.

Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 telah dibuka sejak Jumat 24 Maret 2023. Hingga hari ini, Senin (27/3), Prakerja.go.id masih menerima pendaftaran Prakerja Gelombang 50.

Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 berlangsung secara online di website Prakerja.go.id. Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 tahun 2023 terbuka untuk seluruh warga Indonesia dengan syarat tertentu.

“GELOMBANG 50 SUDAH DIBUKA! Klik "Gabung Gelombang" sekarang juga di dashboard Kartu Prakerja kamu," tulis manajemen Prakerja di akun Instagram @prakerja.go.id Jumat 24 Maret 2023.

Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 mudah. Pendaftaran Prakerja Gelombang 50 berlangsung online di website www.prakerja.go.id.

Anda bisa melakukan pendaftaran Prakerja Gelombang 50 sendiri tanpa bantuan orang lain. "Gampang dan enggak perlu bantuan siapapun untuk daftarnya Sob!" tulis manajemen Prakerja di akun Instagram @prakerja.go.id.

Baca Juga: Hasil Evaluasi Kartu Prakerja Positif, Pendapatan Pesertanya Naik Rp 122.500/Bulan

Kritik Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 50 menuai banyak kritik masyarakat. Banyak masyarakat yang keberatan dengan skema pemberian insentif dan metode pelatihan di Prakerja 2023.

Banyak warganet kritik dan protes skema Prakerja terbaru. Kritik dan protes disampaikan melalui akun media sosial resmi Prakerja @Prakerja.go.id.

Seperti diketahui, Prakerja tahun 2023 ini menggunakan skema baru. Total insentif untuk peserta pelatihan Prakerja mencapai Rp 4,2 juta.

Namun, sebagian besar insentif berupa biaya pelatihan yang tidak bisa dicairkan. Insentif uang tunai yang diterima peserta pelatihan Prakerja hanya Rp 600.000.

Jumlah insentif uang tunai tersebut turun jauh dibandingkan Prakerja tahun-tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2,4 juta.

Selain itu, pelatihan online yang wajib diikuti peserta Prakerja juga lebih lama. Peserta Prakerja di daerah dengan akses internet terbatas kesulitan mengikuti pelatihan online tersebut.

Namun, pemerintah beralasan perubahan skema Prakerja ini demi meningkatkan kualitas peserta. Selain itu, perubahan itu karena Prakerja bukan lagi program bantuan sosial, sehingga lebih banyak memberikan pelatihan.

Cara daftar atau membuat akun Prakerja 2023 Gelombang ke-50

Untuk daftar Prakerja Gelombang 50 , Anda harus memiliki akun di website prakerja.go.id. Akun Prakerja hanya bisa dibuat melalui laman resmi Prakerja di prakerja.go.id. Berikut cara daftar atau membuat akun Prakerja:

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Masukkan alamat email yang masih aktif pada halaman depan laman Prakerja, klik bulatan berwarna biru yang ada di samping kanan kolom email.
  3. Masukkan kembali alamat email yang sebelumnya digunakan, kali ini beserta kata sandinya.
  4. Berikan tanda centang pada kolom persetujuan, kemudian Klik "Daftar".
  5. Pesan berisi tautan untuk memverifikasi akun akan dikirimkan melalui email.
  6. Buka email yang masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks "verifikasi sekarang" pada email yang diterima.
  7. Pembuatan akun Prakerja selesai.

Cara login dashboard Prakerja 2023

Setelah daftar atau membuat akun, kamu bisa masuk atau login ke dashboard Prakerja. Berikut cara login dashboard Prakerja

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Klik "Masuk" yang ada di bagian menu yang terletak di bagian kanan atas laman.
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  4. Selesai, kamu telah masuk di dashboard Prakerja
  5. Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  6. Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang juga didaftarkan untuk akun rekening/e-wallet yang akan dipilih untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

Syarat mendaftar Prakerja Gelombang 50 tahun 2023

Syarat mendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 50 tahun 2023 antara lain:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil
  4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

Cara daftar atau membuat akun Prakerja Gelombang ke-50

Akun Prakerja hanya bisa dibuat melalui laman resmi Prakerja di prakerja.go.id. Berikut cara daftar atau membuat akun Prakerja:

  1.     Masuk ke laman prakerja.go.id
  2.     Masukkan alamat email yang masih aktif pada halaman depan laman Prakerja, klik bulatan berwarna biru yang ada di samping kanan kolom email.
  3.     Masukkan kembali alamat email yang sebelumnya digunakan, kali ini beserta kata sandinya.
  4.     Berikan tanda centang pada kolom persetujuan, kemudian Klik "Daftar".
  5.     Pesan berisi tautan untuk memverifikasi akun akan dikirimkan melalui email.
  6.     Buka email yang masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks "verifikasi sekarang" pada email yang diterima.
  7.     Pembuatan akun Prakerja selesai

Cara login dashboard Prakerja

Setelah daftar atau membuat akun, kamu bisa masuk atau login ke dashboard Prakerja. Berikut cara login dashboard Prakerja:

  1.     Masuk ke laman prakerja.go.id
  2.     Klik "Masuk" yang ada di bagian menu yang terletak di bagian kanan atas laman.
  3.     Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  4.     Selesai, kamu telah masuk di dashboard Prakerja
  5.     Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  6.     Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang juga didaftarkan untuk akun rekening/e-wallet yang akan dipilih untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

Manfaat Prakerja Gelombang 50

Peserta Prakerja Gelombang 50 akan menerima bantuan dana senilai Rp 4,2 juta per individu dengan rincian sebagai berikut:

  • Bantuan biaya pelatihan Prakerja 2023 sebesar Rp 3,5 juta.
  • Insentif pasca pelatihan Prakerja 2023 Rp 600 ribu untuk biaya transportasi dan internet yang diberikan sebanyak 1 kali.
  • Insentif survei Prakerja 2023 sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Itulah informasi pendaftaran Prakerja Gelombang 50 tahun 2023 yang masih dibuka hari ini. Segera buat akun di dashboard Prakerja.go.id, lalu daftar Prakerja Gelombang 50 .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×