kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pencairan THR Lebaran Tahun Ini Jadi Pendorong Konsumsi di Kuartal II


Rabu, 21 Februari 2024 / 05:10 WIB
Pencairan THR Lebaran Tahun Ini Jadi Pendorong Konsumsi di Kuartal II
ILUSTRASI. Warga sedang berbelanja kebutuhan sehari hari dan keperluan lebaran di gerai mini market Alfamart, Jakarta Barat, Jumat (15/5/2020). Pencairan THR Lebaran Tahun Ini Jadi Pendorong Konsumsi di Kuartal II.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 akan dibayarkan H-10 sebelum lebaran atau sekitar 1 April 2024.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menyampaikan, adanya pemberian THR ini diharapkan bisa mendorong konsumsi rumah tangga.

“Dampaknya kemungkinan (terasa) di kuartal II, karena cair awal April. Secara umum dampaknya akan mendorong konsumsi Lebaran,” tutur Eko kepada Kontan, Selasa (20/2).

Baca Juga: Pencairan THR Lebaran Bakal Dorong Konsumsi pada Kuartal II-2024

Meski begitu, jika hanya menghitung kontribusi THR Lebaran untuk ASN dampak ke ekonominya akan sangat terbatas. Namun karena pemberian THR ini berbarengan dengan swasta, maka dampak yang dirasakan ke konsumsi rumah tangga akan lebih besar dan signifikan.

Eko juga memprediksi, dampak THR Lebaran ke konsumsi rumah tangga sebenarnya tidak akan sebesar saat Ramadan berlangsung. Ia bahkan memprediksi konsumsi rumah tangga pada kuartal II akan di bawah 5%.

Sedangkan konsumsi rumah tangga pada kuartal I 2024 akan sedikit meningkat atau di atas 5%, setelah kuartal IV tahun lalu hanya tumbuh 4,47%.

Baca Juga: Ide Tanaman Hias yang Cocok untuk Lebaran, Bisa Jadi Hampers Menarik

“Biasanya momen setelah Lebaran konsumsi relatif turun, bisa di bawah 5% karena tidak ada momen musiman setelah Lebaran. Sebagian konsumsi lebih besar saat puasa,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×