kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah sediakan 16 juta blanko untuk pembuatan e-KTP baru tahun ini


Rabu, 15 Januari 2020 / 09:36 WIB
Pemerintah sediakan 16 juta blanko untuk pembuatan e-KTP baru tahun ini
ILUSTRASI. Warga Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba Jambi, Nyanggo (75, kiri) dan Nerawa Sanggul (70, kanan) menunjukkan e-KTP miliknya saat ditemui di permukiman Orang Rimba Temenggung Carak, Bukit Bungkul, Renah Pamenang, Merangin, Jambi, Senin (25/2/2019).

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) telah menyediakan 16 juta blanko untuk pembuat e-KTP baru dan warga yang e-KTPnya rusak karena banjir.

Stok blanko tersebut diperuntukkan bagi pembuatan e-KTP di 2020. Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, saat ini sebanyak 961.000 blanko dari total penyediaam sudah terdistribusi ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Baca Juga: Kemendagri minta tambahan anggaran pendagaan blangko e-KTP sebanyak 25 juta keping

Nantinya Ditjen Dukcapil akan mendistribusikan 16 juta keping blanko tersebut secara bertahap. "Bagi kabupaten kota yang blankonya habis atau akan habis diminta segera mengambil ke kantor Dukcapil Pasar Minggu. Ini perlu segera kami sampaikan agar masyarakat segera mendapatkan e-KTPnya," ujar Zudan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan, 16 juta blanko e-KTP ini diprioritaskan bagi anak yang baru berumur 17 tahun pada 2020, korban bencana, dan masyarakat yang sudah memiliki surat keterangan (Suket) telah merekam data e-KTP.

Baca Juga: Kemendagri punya 1 juta blanko e-ktp, masyarakat diminta tak khawatir

Ia pun berpesan kepada seluruh pejabat Dinas Dukcapil di daerah agar tak menjadikan blanko e-KTP tersebut untuk mencetak e-KTP baru bagi warga yang ingin merubah alamat lantaran terjadi pemekaran daerah.




TERBARU

Close [X]
×