kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.005,22   10,00   1.00%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pemerintah Luncurkan Lumbung Pangan Berbasis Mangga di Kabupaten Gresik


Senin, 22 Agustus 2022 / 15:32 WIB
Pemerintah Luncurkan Lumbung Pangan Berbasis Mangga di Kabupaten Gresik
Presiden Joko Widodo menyiram bibit pohon mangga saat peluncuran program lumbung pangan atau food estate berbasis mangga di Gresik, Jawa Timur, Selasa (22/8/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan lumbung pangan (food estate) berbasis mangga dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Senin (22/8).

Diharapkan food estate berbasis mangga tersebut dapat terintegrasi dengan sejumlah infrastruktur pendukung yang telah dibangun oleh pemerintah.

"Kita harapkan ini food estate ini ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini, ada embungnya, ada food estate-nya, jadi masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/8).

Selain itu, lumbung pangan berbasis mangga tersebut diharapkan dapat menghasilkan produksi mangga tidak hanya untuk keperluan di dalam negeri tapi juga keperluan ekspor ke sejumlah negara. Oleh karena itu, ke depan food estate serupa akan dikembangkan di sejumlah daerah.

"Nanti tidak hanya di Kabupaten Gresik tapi juga di kabupaten lain yang kira-kira memiliki kondisi lahan marginal yang cocok untuk mangga," imbuhnya.

Baca Juga: Kunker, Jokowi akan Luncurkan Food Estate dan Serahkan Sertifikat Tanah di Sidoarjo

Menurut Jokowi, lumbung pangan berbasis mangga di Kabupaten Gresik ini sudah tertata dengan baik. Dengan adanya pendampingan kontrol kualitas diharapkan juga dapat memastikan kualitas produk sesuai dengan standar yang ditetapkan para pembeli.

"Saya senang kelihatan yang sudah tertanam disini manajemennya sangat baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan QC dari buyer-nya sehingga level kualitasnya akan naik," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, penanaman dilakukan pada lahan seluas kurang lebih 1.000 hektare yang berada di 4 kecamatan. Selain melakukan penanaman mangga di food estate, Jokowi juga meluncurkan program taksi alsintan.

Adapun taksi alsintan merupakan program dari Kementerian Pertanian dalam rangka membantu menyediakan alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga: Jokowi Harapkan Penggunaan Alsintan Modern Mampu Tekan Food Loss

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×