kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah larang mudik, jalan tol Jakarta-Cikampek elevated akan ditutup Kamis besok


Rabu, 22 April 2020 / 12:21 WIB
Pemerintah larang mudik, jalan tol Jakarta-Cikampek elevated akan ditutup Kamis besok
ILUSTRASI. Ruas jalan tol layang Jakarta-Cikampek Elevated yang dikerjakan PT Acset Indonusa Tbk

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup Jalan Tol Layang Jakarta–Cikampek atau Elevated Jakarta-Cikampek, mulai Kamis (23/4/2020) malam. 

"Tol Elevated akan kami tutup mulai Kamis malam besok," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui Instagram Polda Metro Jaya, Rabu (22/4/2020). 

Baca Juga: Muhammadiyah pastikan mulai Ramadan Jumat ini, berikut imbauannya terkait Covid-19

Sambodo menjelaskan, Tol Elevated Jakarta-Cikampek ditutup karena kendaraan kecil dan kendaraan pengangkut penumpang tidak diperbolehkan keluar dari wilayah Jabodetabek. Hal ini merupakan tindak lanjut larangan mudik yang telah diputuskan Presiden Joko Widodo. 

"Jadi, baik yang dari arah Cikunir maupun dari arah tol (dalam) kota untuk Elevated kami tutup, sehingga semuanya harus lewat bawah," ujar Sambodo. 

Sambodo mengatakan, kendaraan logistik dan pengangkut kebutuhan pokok masih diperbolehkan melintas. Sedangkan, kendaraan pribadi ataupun kendaraan mengangkut penumpang akan diperiksa dan diputar balikkan di Cikarang Barat. 

"Bagi kendaraan logistik yang mau ke Cikampek lurus, kalau ada kendaraan penumpang yang mau lewat itu kita akan periksa dan semuanya akan kita akan putar balikkan di Cikarang Barat," katanya. 

Baca Juga: Luhut: Larangan mudik berlaku 24 April dan penerapan sanksi efektif 7 Mei

Polda Metro Jaya juga mempercepat pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2020 yang dimulai Jumat (24/4/2020) hingga H+7 lebaran. Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah melarang mudik untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. 

Keputusan itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, melalui konferensi video, Selasa (21/4/2020). Jokowi beralasan masih banyak masyarakat perantauan yang bersikeras untuk mudik. 

Dari data Kementerian Perhubungan, sebanyak 24 persen masyarakat memutuskan tetap mudik. Hal ini dikhawatirkan akan menjadi medium penularan Covid-19 di desa-desa karena para perantau dianggap merupakan orang yang tinggal di episentrum virus corona di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Larang Mudik, Polda Metro Tutup Tol Elevated Jakarta-Cikampek"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×