Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah akan tambah 20 negara bebas visa

Rabu, 25 November 2015 / 10:57 WIB

Pemerintah akan tambah 20 negara bebas visa



JAKARTA. Pemerintah akan kembali memberikan fasilitas bebas visa ke wisatawan dari 20 negara. Kebijakan ini bertujuan mengangkat penerimaan devisa hingga US$ 20 miliar dari target kunjungan 20 juta wisman pada 2019.

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, penambahan bebas visa untuk 20 negara rencananya akan berlaku pada akhir tahun ini. "Sebelum akhir tahun, kami akan memberikan 20 negara bebas visa lagi, termasuk dari negara Eropa Timur," ujarnya, Selasa (24/11).


Menurut Rizal, strategi ini dilakukan guna mencapai target penerimaan devisa. Jika pada tahun ini penerimaan devisa dari sektor pariwisata ditargetkan US$ 10 miliar, maka dalam lima tahun mendatang, jumlah devisa ditargetkan mencapai dua kali lipat, menjadi US$ 20 miliar.

Seperti diketahui, pemerintah telah menambah jumlah negara yang warganya bebas visa saat berwisata ke sini. Jika di awal tahun hanya 15 negara yang bebas visa, kini sudah ada 90 negara. Dengan penambahan 20 negara, maka sampai akhir tahun ini, jumlah negara yang akan menikmati bebas visa kunjungan mencapai total 110 negara.

Tanpa menyebutkan negara-negara mana lagi yang akan mendapatkan bebas visa, Rizal bilang pemerintah akan membuat pengecualian bagi negara-negara yang aktif melakukan perdagangan narkotika dan memiliki pemahaman ekstrim yang berpotensi menyebar ke Indonesia.

Selain menambah negara yang mendapat fasilitas bebas visa, pemerintah menurut Rizal juga telah melonggarkan ketentuan izin kapal pesiar untuk singgah di Indonesia. Jika sebelumnya proses pemberian izin bisa berbulan-bulan lama, akan dipercepat menjadi beberapa hari saja.

Begitu juga dengan izin sandar kapal jenis yacht. Dengan  kemudahan ini, ditargetkan  jumlah kunjungan kapal wisata asing mulai tahun depan bisa mencapai 3.000 kapal dan tahun 2019 bisa mencapai 5.000 kapal.

Dalam lima tahun ke depan, pemerintah juga akan mengembangkan 10 kawasan pariwisata di luar Bali. Kesepuluh tempat wisata itu antara lain Danau Toba, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Lombok Selatan, dan Raja Ampat. Untuk itu pemerintah akan membentuk Badan Otoritas Pariwisata. Rizal menargetkan sebelum tahun 2015 berakhir Badan Otoritas Pariwisata ini sudah akan mulai bisa beroperasi.

Pemerintah juga menambah anggaran promosi pariwisata tahun depan. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, tahun depan anggaran di sektor pariwisata  naik dari Rp 2,4 triliun pada 2015 menjadi Rp 5,6 triliun. Dari jumlah itu Rp 2,95 triliun sampai Rp 3,175 triliun akan digunakan untuk promosi pariwisata mancanegara.

Pelabuhan Untuk Kapal Cruise Berbendera Asing
Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta)
Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya)
Pelabuhan Belawan (Medan)
Pelabuhan Soekarno-Hatta (Makassar)
Pelabuhan Benoa (Bali) 


Pelabuhan Yang Dibuka Untuk Kapal Yacht
Pelabuhan Sabang (Aceh)
Pelabuhan Belawan (Medan)
Pelabuhan Teluk Bayur (Padang)
Pelabuhan Nongsa Point Marina (Batam)
Pelabuhan Bandar Telani Bintan (Tanjung Pandan)
Pelabuhan Sunda Kelapa (Jakarta) 
Marina Ancol (Jakarta)
Pelabuhan Benoa (Bali)
Pelabuhan Tenau (Kupang)
Pelabuhan Kumai (Kota Waringin Barat)
Pelabuhan Tarakan (Tarakan)
Pelabuhan Nunukan (Bulungan)
Pelabuhan Bitung (Bitung)
Pelabuhan Ambon (Ambon)
Pelabuhan Saumlaki (Saumlaki)
Pelabuhan Tual (Tual)
Pelabuhan Sorong (Sorong)
dan Pelabuhan Biak (Biak).
Sumber: Kementerian Pariwisata 

Reporter: Amailia Putri Hasniawati
Editor: Sanny Cicilia

DEVISA PARIWISATA

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 1.1835 || diagnostic_web = 2.2260

Close [X]
×