kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Akan Membangun Tol Bandara ke IKN dengan Target Waktu Tempuh 30 Menit


Kamis, 15 September 2022 / 06:34 WIB
Pemerintah Akan Membangun Tol Bandara ke IKN dengan Target Waktu Tempuh 30 Menit
ILUSTRASI. Foto udara memperlihatkan ruas jalan Tol Samboja yang menghubungkan kota Balikpapan dan Samarinda (Balsam), Kalimantan Timur, Jumat (1/7/2022).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol dari bandara menuju kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan target waktu tempuh 30 menit. Hal ini merupakan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami sudah ditargetkan bahwa dari Bandara sampai IKN setengah jam maksimum oleh pak presiden,” kata Hedy dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu (14/9).

Hedy menuturkan, tantangan merealisasikan hal tersebut adalah memilih rute supaya jarak tempuh bisa mencapai 30 menit seperti yang dimintakan Presiden Jokowi.

“Ini yang berat, kami usaha coba cari jalurnya yang paling memungkinkan itu sepanjang 47 kilometer. Jadi nanti dari bandara akan kami buat jalur tol khusus ke arah sekitar Manggar ke arah Seksi 5 Balikpapan–Samarinda,” ujar Hedy.

Baca Juga: Titah Presiden Jokowi: Ganti Mobil Dinas Pemerintah dengan Mobil Listrik

Hedy mengatakan, jalur tersebut nantinya direncanakan akan terhubung dengan Simpang Tempadung melewati Kariangau. Kemudian, rute itu menuju ke utara yang nantinya akan dibangun tunnel menyeberangi selat untuk bisa masuk ke kawasan IKN.

“Ada juga rencana bandara VVIP nanti juga akan kami hubungkan dengan sumbu kebangsaan dari jalur tol dan nanti dari bandara VVIP juga kami hubungkan dengan Balikpapan menggunakan jalur tol melalui jembatan Pulau Balang,” imbuh Hedy.

Dia menambahkan, akan ada pengerjaan 4 ruas jalan tol sepanjang 33,17 kilometer. Yakni seksi 3A Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau (13,4 Km), seksi 3B Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau – Sp Tempadung (7,325 Km), seksi 5A Jalan Tol IKN Segmen Sp Tempadung – Jembatan Pulau Balang (6,675 Km), dan seksi 6 Jalan Tol IKN Segmen Bandara VVIP – Rencana Outer RR KIPP (5,77 Km).

Baca Juga: Struktur Organisasi Otorita IKN Masih dalam Proses Pembentukan

“Jadi 5B sedang kami usulkan tapi kami enggak yakin. Jadi selama 5B belum ada kita akan menggunakan jalan eksisting, sisanya kami harapkan diselesaikan di setelah 2024,” ucap Hedy.

Adapun seksi 5B yang dimaksud adalah Jalan Tol IKN Segmen Jembatan Pulau Balang – Bandara VVIP (12,01 Km). Saat ini seksi 3A, seksi 3B, dan seksi 5A telah terkontrak. Terkait pengadaan tanah direncanakan dipenuhi melalui LMAN (sebagai PSN). Target operasi adalah kuartal III-2024.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR mencatat rencana jaringan Jalan Tol IKN sepanjang 75,62 kilometer yang terdiri dari sembilan seksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×