kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Struktur Organisasi Otorita IKN Masih dalam Proses Pembentukan


Rabu, 14 September 2022 / 14:16 WIB
Struktur Organisasi Otorita IKN Masih dalam Proses Pembentukan
ILUSTRASI. Titik Nol Nusantara yang akan dijadikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Saat ini, draf organisasi dan tata kelola Otorita IKN secara prinsip telah selesai dan disetujui.

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Transisi Ibu Kota Nusantara (IKN) mengatakan, pembentukan struktur organisasi dan tata kelola Otorita IKN masih dalam proses pembentukan. Sesuai ketentuan UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Otorita IKN diberikan waktu paling lambat hingga akhir 2022 untuk beroperasi.

Saat ini, draf organisasi dan tata kelola Otorita IKN secara prinsip telah selesai dan disetujui. Proses selanjutnya adalah penetapan struktur Otorita IKN tersebut melalui Peraturan Kepala Otorita IKN dan kemudian berlanjut dengan proses pengisian pejabat pada perangkat organisasi Otorita IKN tersebut,” kata Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi, Tim Transisi IKN, Sidik Pramono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/9).

Sidik menyampaikan, perangkat Otorita IKN tersebut nantinya terdiri atas Sekretaris Otorita IKN, Deputi Kepala Otorita IKN, serta Unit Satuan Kerja Hukum dan Kepatuhan Otorita IKN. Di bawah perangkat inti tersebut terdapat posisi direktur dan kepala biro.

Baca Juga: Proyek IKN Akan Berdampak Positif ke Industri Semen

Kepala Otorita IKN juga akan dibantu oleh staf ahli dan/atau staf khusus dengan jumlah maksimal yang akan diatur dalam Peraturan Kepala Otorita IKN tersebut.

“Staf ahli diangkat dan diberhentikan oleh Presiden; sementara staf khusus diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Otorita IKN setelah mendapat persetujuan dari Presiden,” ujar Sidik.

Sidik menerangkan, untuk tahap pertama, Kepala Otorita IKN memiliki kewenangan untuk menunjuk penjabat sekretaris ataupun deputi di Otorita IKN. Selain sejumlah penjabat yang ditunjuk secara langsung tersebut, juga terdapat metode open bidding untuk sejumlah posisi. Proses seleksi terbuka terbuka akan dibantu oleh panitia/tim seleksi yang akan dibentuk khusus untuk itu.

“Seiring dengan proses pengangkatan pejabat Otorita IKN dan pengisian personalia organisasi Otorita IKN yang definitif tersebut berlangsung; nantinya peran dan kedudukan Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan IKN akan perlahan surut ke belakang,” kata Sidik.

Baca Juga: Wijaya Karya (WIKA) Raih 2 Proyek untuk Pembangunan IKN Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×