kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembiayaan wirausaha KPM PKH akan dibantu UMi


Sabtu, 31 Agustus 2019 / 08:05 WIB
Pembiayaan wirausaha KPM PKH akan dibantu UMi


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Sosial berkomitmen meningkatkan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) salah satunya melalui kerja sama dengan Kementerian Keuangan yang mengucurkan pendanaan usaha melalui Program Ultra Mikro (UMi).

Hal ini disampaikan kepada Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyampaikan pidatonya pada acara Pasar Rakyat "Menuju Indonesia Maju Melalui Penguatan Daya Saing Usaha" yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/8) petang.

"Upaya mendorong kemandirian KPM PKH merupakan tanggung jawab bersama. Melalui program UMi, nantinya KPM PKH didata agar dapat mengembangkan usaha. Upaya ini diharapkan akan mempercepat proses kemandirian KPM menuju grauasi sejahtera mandiri," katanya melalui keterangan pers.

Baca Juga: Pemerintah dorong penerima PKH naik kelas jadi pengusaha

"Pembiayaan wirausaha KPM PKH saat ini telah mendapat bantuan UMi. Sehingga dengan demikian akses terhadap permodalan bagi KPM PKH yang tengah merintis usaha akan semakin terbuka," tambahnya.

Saat ini, lanjut Mensos, jumlah KPM PKH sebanyak 10 juta. Dari jumlah tersebut, Kemensos telah mengantongi data KPM PKH yang memiliki usaha rumahan.

Data tersebut nantinya akan disampaikan kepada Kementerian Keuangan untuk dilakukan seleksi sebelum mendapat pendanaan UMI. Jumlah bantuan untuk setiap KPM maksimal adalah Rp10 juta.

Kementerian Sosial, lanjutnya, juga telah melakukan upaya-upaya agar masyarakat pra-sejahtera khususnya penerima manfaat PKH dapat keluar dari garis kemiskinan atau kami sebut graduasi sejahtera mandiri.

Baca Juga: Kemensos klaim urai masalah PKH di Sampang Madura

Upaya yang dilakukan adalah sinergi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dengan PKH, serta motivasi dan fasilitasi oleh SDM PKH di seluruh Indonesia. Hasilnya dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah KPM PKH yang telah graduasi dari tahun ke tahun.

Sebanyak 230.351 keluarga pada tahun 2017 dan 621.789 keluarga pada tahun 2018. Target KPM Graduasi Sejahtera Mandiri pada tahun ini sebanyak 800 ribu KPM dan 1 juta KPM pada tahun 2020.

"Kami berharap KPM PKH yang masih dalam transisi dapat mengakses program-program penghidupan berkelanjutan berupa pembiayaan UMi," tambahnya.

Sementara itu KPM PKH bersuka cita menyambut kerja sama Kementerian Sosial dengan Kementerian Keuangan terkait pembiayaan wirausaha KPM PKH melalui UMi. 




TERBARU

[X]
×