kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemangkasan bunga bisa dorong ekspor dalam negeri


Jumat, 19 Juli 2019 / 20:24 WIB
Pemangkasan bunga bisa dorong ekspor dalam negeri


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  MEDAN. Bank Indonesia (BI) akhirnya memangkas bunga acuan alias BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis point (bps) menjadi 5,75% bulan ini.  Pemangkasan suku bunga ini dapat mendorong peningkatakan ekspor.

Keputusan tersebut diambil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri di tengah meredanya gejolak kondisi pasar keuangan. Bank sentral meyakini, pemangkasan bunga acuan tersebut bakal memacu kinerja ekspor dalam negeri.

Baca Juga: Rupiah berpeluang kembali menguat pekan depan, ini pendorongnya

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, pemotongan bunga akan membuat biaya pinjaman lebih murah.

"Biaya untuk borrowing dari perbankan menjadi lebih murah, lending dari perbankan menjadi lebih baik. Asumsi memang di sini adalah permintaan kredit harus dijaga karena kalau lemah menjadi sulit ekspansi lending dari perbankan. Ekspektasi konsumen masih cukup positif untuk terus melakukan investasi. Paling tidak dari gambaran itu, kegiatan ekspor menjadi lebih baik," kata Dody, Jumat (19/7).

Baca Juga: Dorong fee based, BTN targetkan laba bersih Rp 2,6 triliun tahun ini

Meski demikian, masih ada tantangan dari sisi permintaan dengan kondisi global seperti saat ini. Namun menurut Dody, strategi dagang juga menjadi kuncinya.

"Sehingga penting strategi apa untuk mendorong eskpor dan komoditi apa yang bisa didorong untuk jadi quick win. Kita punya saingan yang paling berat. Kita punya komoditas yang punya kesamaan dengan," tambah Dody. 

Baca Juga: Rupiah berpeluang kembali menguat pekan depan, ini pendorongnya

Komoditi yang dimaksud, antara lain perikanan, produk karet, produk kertas, tekstil, dan produk kayu. Yang jelas, ekspor menjadi komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi.

Sebab, ekspor menentukan seberapa besar konsumsi rumah tangga dan seberapa besar investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×