kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paus Fransiskus Bakal Hadiri Misa di GBK, Umat Katolik Jakarta Dapat Kuota


Kamis, 27 Juni 2024 / 04:42 WIB
Paus Fransiskus Bakal Hadiri Misa di GBK, Umat Katolik Jakarta Dapat Kuota
ILUSTRASI. Paus Fransiskus direncanakan menghadiri misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. REUTERS/Remo Casilli 


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus direncanakan menghadiri misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Hal tersebut dilakukan Paus Fransiskus di sela-sela kunjungannya ke Indonesia pada Selasa (3/6/2024) hingga Jumat (6/9/2024). 

Meski begitu, Hubungan Masyarakat (Humas) Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie belum bisa memastikan tanggal misa yang akan dihadiri Paus Fransiskus di GBK. 

Ia juga belum bisa memastikan bagaimana cara mengikuti misa bersama Paus Fransiskus di GBK. 

“Sampai saat ini aku belum menerima jadwal resmi dari panitia KWI,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (25/6/2024). 

Ia meminta umat Katolik agar menunggu pengumuman resmi dari Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) terkait agenda Paus Fransiskus selama di Indonesia. 

Meski belum diketahui kapan Paus Fransiskus akan memimpin misa di GBK, namun lokasi ibadah akbar ini sudah dikonfirmasi oleh Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo. 

Baca Juga: Agenda Penting Kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta September, Ada Agenda ke Istiqlal

Ia mengatakan, Paus Fransiskus mempunyai sejumlah agenda selama di Indonesia, yakni bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan berkunjung ke Masjid Istiqlal. 

Paus dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio tersebut juga diagendakan bertemu wakil-wakil dari para imam, para bruder, suster, dan awam.  

“Tapi ya hanya Katedral kan kecil ya. Yang acara paling besar itu di Gelora Bung Karno. Itu ibadah,” ujar Suharyo kepada Kompas.com, Selasa (18/6/2024). 

Peserta misa di GBK akan didata 

Lebih lanjut, Suharyo menyampaikan bahwa KWI sedang berkoordinasi dengan keuskupan di berbagai daerah untuk mendata berapa umat Katolik yang akan datang ke GBK. 

Ia belum bisa memastikan berapa jumlah umat Katolik dari berbagai daerah yang akan berangkat ke Jakarta guna mengikuti misa bersama Paus Fransiskus. 

Namun, Suharyo memastikan bahwa umat Katolik di Jakarta akan mendapat kuota untuk mengikuti misa bersama Paus Fransiskus di GBK. 

Baca Juga: Pada 5 September 2024, Masjid Istiqlal akan Dikunjungi Paus Fransiskus

“Yang acara paling besar itu di Gelora Bung Karno. Itu ibadah. Sekarang ini yang dipesan kan Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, dan itu (kapasitasnya) sekitar 100.000. Pasti nanti ya segitu itu. Misalnya, saya dengar dari Bogor, ini dekat kan, mendaftarkan 7.500. Lalu dari mana lagi 1.500,” kata Suharyo kepada Kompas.com, Selasa (18/6/2024). 

“Nanti kalau semua itu sudah jelas, baru Keuskupan Jakarta, sisanya. Jadi ya, sekarang belum dipastikan. Baru nanti kalau sudah ada jelas, angkanya begini, tempatnya begitu, Jakarta mendapat kuota pasti,” tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×