kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Para ekonom yakin lembaga rating selain Fitch akan pertahankan peringkat Indonesia


Minggu, 26 Januari 2020 / 21:32 WIB
Para ekonom yakin lembaga rating selain Fitch akan pertahankan peringkat Indonesia
ILUSTRASI. A flag is reflected on the window of the Fitch Ratings headquarters in New York in this February 6, 2013, file photo. REUTERS/Brendan McDermid/

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mengafirmasi peringkat sovereign credit rating Indonesia di level BBB/outlook stabil (Investment Grade) pada 24 Januari 2019. Para ekonom pun yakin bahwa lembaga-lembaga pemeringkat lain akan mempertahankan ratingnya dan memberikan outlook positif

Menurut Peneliti Ekonomi Senior Institut Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan RI Eric Sugandi, pemberian rating ini kondisional atau melihat berbagai faktor, seperti defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD), inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Makroekonomi Indonesia Stagnan, Rating Utang Tak Mudah Kian Membaik

Dengan melihat faktor-faktor tersebut dan membandingkannya dengan kondisi Indonesia pada tahun 2019 lalu, Eric yakin bahwa lembaga-lembaga pemeringkat masih akan memberikan rating layak investasi.

"CAD tahun lalu kemungkinan bisa membaik dari tahun 2018, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan relatif baik walau stagnan di kisaran 5,1%, inflasi rendah dan terkendali, dan walau defisit APBN pada 2019 masih meleset dari perkiraan," terang Eric pada Kontan.co.id, Minggu (26/1).

Eric melihat peluang lembaga rating Japan Credit Rating Agency (JCRA) akan memberikan rating upgrade di tahun ini atau tahun 2021. Bahkan, bila kondisi ekonomi Indonesia membaik dengan inflasi yang tetap rendah, CAD yang mengecil di 2020, dan defisit APBN di tahun ini yang terjaga.




TERBARU

Close [X]
×