kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,44   3,55   0.39%
  • EMAS925.000 -0,54%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Mutasi virus corona Inggris masuk Indonesia, ini 7 faktanya!


Kamis, 04 Maret 2021 / 04:51 WIB
Mutasi virus corona Inggris masuk Indonesia, ini 7 faktanya!
ILUSTRASI. Kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada Maret tahun lalu. Kini, setelah tepat setahun, mutasi virus corona dari Inggris, B.1.1.7 muncul.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada Maret tahun lalu. Kini, setelah tepat setahun, mutasi virus corona dari Inggris, B.1.1.7 muncul. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan ( Wamenkes) Dante Saksono dalam acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/Brin, Selasa (2/3/2021). 

Ia mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. Terdapat dua kasus Covid-19 dengan mutasi virus corona ini. 

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante. 

Baca Juga: Tips mencegah penularan virus corona B.1.1.1.7. hasil mutasi yang masuk Indonesia

Lantas, apa itu mutasi virus corona B.1.1.7? Berikut fakta seputar mutasi virus corona B.1.1.7 yang sudah masuk ke Indonesia: 

1. Deteksi metode WGS 

Dante menjelaskan bahwa temuan dua kasus mutasi B117 ditemukan dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel menggunakan metode pengurutan genom atau Whole Genome Sequence (WGS), yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir. 

Dilansir dari Pusat Kontrol dan Pencegahan Wabah (CDC), WGS merupakan prosedur laboratorium yang menentukan urutan basa dalam genom suatu organisme dengan satu proses. 

Baca Juga: Kabar baik! Zona kuning covid-19 di Indonesia meningkat pesat

WGS membantu menghubungkan suatu kasus yang diteliti, dengan kasus lainnya sehingga wabah dapat dideteksi dan diselesaikan lebih cepat. 

Dante mengatakan, dengan adanya temuan dua kasus yang terkait dengan mutasi B.1.1.7 ini, maka Indonesia akan menghadapi pandemi Covid-19 dengan tingkat kesulitan yang semakin berat. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×