kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menteri Abdul Halim Iskandar bantah ada desa fiktif


Jumat, 08 November 2019 / 16:31 WIB

Menteri Abdul Halim Iskandar bantah ada desa fiktif
ILUSTRASI. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah, Abdul Halim Iskandar


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Desa Pembangunan Dearah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar membantah ada desa fiktif.

Sebelumnya, Menteri Kuangan Sri Mulyani Indrawati menduga terdapat desa fiktif yang mendapat aliran dana desa. Desa fiktif tersebut dinilai tidak ada secara administrasi namun menerima bantuan dana desa.

"Sejauh ini belum ada, ada pertanggungjawabannya," ujar Abdul Halim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (8/11).

Baca Juga: Kemenkeu tengah lakukan investigasi terkait munculnya dana desa fiktif

Abdul Halim bilang perlu ada kesamaan persepsi terkait desa fiktif. Ia bilang seluruh desa yang menerima dana desa harus memberikan pertanggungjawaban.

Oleh karena itu, Abdul Halim bilang tidak mungkin ada desa yang tidak ada secara administratif dikucuri dana desa. Kementerian Desa PDTT juga telah melakukan penelusuran terkait desa fiktif.

"Sudah kita telusuri semua sesuai dengan tupoksinya Kemdes PDTT sudah kita telaah, dan memang kita temukan laporannya ada tahapan satu, dua, tiga," terang Abdul Halim.

Ia bilang laporan penerimaan dana desa dievaluasi oleh pemerintah. Dana desa tidak akan turun bila laporan pada tahap sebelumnya belum selesai.

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara Pratikno bilang telah ada penelusuran terkait desa fiktif. Penelusuran dilakukan oleh tim yang dibentuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: Ramai soal desa fiktif, begini proses pembentukan desa sesungguhnya

"Mendagri sudah memerintahkan tim untuk melihat di lapangan, biarkan dulu bekerja," jelas Pratikno.


Reporter: Abdul Basith
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×