kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Menlu: Virus corona memberi dampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia


Kamis, 30 Januari 2020 / 14:02 WIB
Menlu: Virus corona memberi dampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi telah berkomunikasi dengan Menlu Australia untuk mengetahui cara evakuasi WNI di Wuhan

Reporter: Umar Tusin | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus corona yang sudah meluas berpotensi memberi dampak pada ekonomi Indonesia. Bahkan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bilang, saat ini virus corona dapat mempengaruhi tingkat pertubuhan ekonomi Indonesia.

“Saya sudah berkoordinasi dengan para menteri untuk menghitung dampak virus corona ke Indonesia,” kata Retno, Kamis (30/1).

Menlu menambahkan, saat ini ada dua hal yang sedang dilakukan pemerintah terhadap wabah virus corona. Pertama, melindungi Indonesia supaya virus corona tidak menyebar di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara mengelola dan mengamati kedatangan turis dengan cermat.

Baca Juga: Menlu Retno: 243 WNI berada di 15 titik karantina di China

Kedua, melindungi warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, China. Saat ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sudah membantu 243 WNI yang masih bertahan di Wuhan dengan cara mengirim logistik. 

“Saat mereka bilang persediaan logistik tinggal lima hari, kami langsung jump in mengirimkan logistik sampai seminggu,” ujar Retno. Sambil mengirim logistik, Kemenlu sedang mempersiapkan evakuasi WNI yang berada di Wuhan, yang merupakan kota awal wabah ini merebak.

Selain logistik, permasalahan WNI yang berada di Wuhan adalah persediaan masker yang berkualitas baik. Akan tetapi, hal itu sudah teratasi dengan mengirimkan bantuan masker sebanyak 10.000.

Baca Juga: Pilu pelajar WNI yang hanya bisa berdiam diri di kamar gara-gara virus corona

Secara internal Kemenlu juga berkoordinasi dengan otoritas China yang statusnya sedang lockdown.Sambil mengirim logistik, Kemenlu juga berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Australia, untuk belajar mengenai evakuasi warga negaranya ke luar Wuhan. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×