kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menko PMK: Idealnya tes Covid-19 capai 30.000 orang per hari


Kamis, 04 Juni 2020 / 21:39 WIB
Menko PMK: Idealnya tes Covid-19 capai 30.000 orang per hari
ILUSTRASI. Menko PMK Muhadjir Effendy


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, seharusnya tes Covid-19 per hari mencapai 30.000 orang. Hal itu disampaikannya selepas rapat bersama Presiden Joko Widodo melalui video konferensi, Kamis (4/6). 

"Memang mestinya nanti targetnya yang paling maksimal atau yang betul-betul bisa memenuhi standar WHO (World Health Organization) ya 30.000 itu kalau dibandingkan dengan perhitungan rasio jumlah penduduk," kata Muhadjir.

Kendati demikian, saat ini pemerintah akan mencapai target tersebut secara bertahap. Pemerintah kini menargetkan 20.000 tes Covid-19 per harinya. 

Baca Juga: Pemerintah menargetkan dapat memproduksi vaksin corona di akhir tahun ini

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan melacak secara besar-besaran orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. 

"Jangan sampai ada mata rantai yang terhubung tidak kita kenali. Karena itu kita perlu melibatkan relawan dan untuk ini sebetulnya menurut saya Tadi Pak Doni (Monardo) yang menyampaikan usahanya mahasiswa lulusan atau masih semester terakhirlah (menjadi relawan)," lanjut Muhadjir. 

"Bisa jurusan kebidanan, jurusan keperawatan, kemudian sarjana kesehatan masyarakat itu untuk melakukan ini saya kira bisa untuk mem-back up dan ini dibutuhkan tenaga yang cukup besar," ucap Muhadjir. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada jajarannya karena telah berhasil meningkatkan tes Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR). Target dari Jokowi untuk melakukan tes spesimen 10.000 per hari sudah tercapai. 

Baca Juga: Kurangnya tenaga laboratorium membuat jumlah tes corona tidak maksimal

"Untuk pengujian spesimen saya kira saya menyampaikan terima kasih bahwa target pengujian spesimen yang dulu saya targetkan 10.000, ini sudah terlampaui," kata Jokowi saat memimpin rapat kabinet terbatas lewat video konferensi, Kamis (4/6). 

Setelah target ini tercapai, Jokowi pun kembali menaikkan target tes spesimen dua kali lipat. "Saya harapkan target berikutnya, ke depan adalah 20.000 per hari. Ini harus mulai kita rancang menuju ke sana," lanjut Jokowi. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko PMK: Idealnya Tes Covid-19 Capai 30.000 Orang Per Hari".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×