kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menko Darmin: Penggunaan biodiesel bisa menghemat devisa US$ 5,5 miliar per tahun


Jumat, 20 Juli 2018 / 13:37 WIB
Menko Darmin: Penggunaan biodiesel bisa menghemat devisa US$ 5,5 miliar per tahun
ILUSTRASI. Ilustrasi Opini - Sawit dan Mandatory Biodiesel


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan segera bersiap mempercepat pelaksanaan mandatori biodiesel sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, jika dilakukan dengan cepat, hal ini bisa menghemat devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, Pemerintah akan segera menerapkan teknologi B20 (pemakaian biodiesel sebesar 20%). Sebab, sejatinya pemerintah telah memiliki regulasi untuk hal itu.

Regulasi yang dimaksud adalah Peraturan Presiden (Perpres) No. 24 Tahun 2016, tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015 , serta Peraturan Menteri ESDM. "Jadi sekarang ini lebih sebagai keputusan Presiden di ratas (rapat terbatas) itu bisa membuat hal ini betu-betul terlaksana," katanya usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jumat (20/7).

Selain ramah lingkungan penerapa biodiesel ini bisa menghemat devisa negara. Apalagi sudah empat tahun neraca perdagangan Indonesia defisit. Terutama di bidang minyak dan gas (migas) yang sudah enam bulan terakhir ini mencapai US$ 5,4 miliar, sementara non migas surplus US$ 4,4 miliar.

"Sehingga bisa dihitung, total defisit mencapai US$ 1 miliar lebih, sehingga dengan keputusan ini, maka kita punya dasar kuat untuk segera mengakhirinya. Tentu tidak dalam waktu seminggu langsung defisit hilang karena perlu ada masa persiapan, masa transisi," jelasnya.

Pemerintah pun berhitung lebih lanjut, kalau hal ini bisa dilaksanakan sepenuhnya maka penghematan bisa terjadi mencapai US$ 5,5 miliar per tahun. Adapun pelaksanaan penuh itu direncanakan sudah bisa dilakukan pada dua sampai tig abulan kedepan.

Tak hanya itu, menurut Darmin dampak baik langsung terlihat adalah harga minyak sawit (CPO) akan membaik. Sehingga bisa memperbaiki penghasilan para petani kelapa sawit. Bahkan untuk jangka panjang, ia bilang sudah ada investasi di negara-negara tertentu yang bisa membuat biodiesel bisa B100 dengan teknologi yang ada.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×