kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menhub apresiasi sistem DO online di Pelabuhan Tanjung Priok


Minggu, 04 Maret 2018 / 17:25 WIB
Menhub apresiasi sistem DO online di Pelabuhan Tanjung Priok
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau JICT

Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Implementasi bukti penyerahan barang secara elektronik (DO Online) atas barang impor di Pelabuhan Priok mendapat respon positif dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurut Budi Karya, melalui sistem DO Online, perusahaan logistik tidak lagi harus mengirimkan kurir untuk melakukan pelaporan kargo masuk dan keluar. Namun cukup dengan melaporkannya melalui sistem yang sudah diintegrasi dalam pelabuhan Priok.

"Saya apresiasi, jauh lebih baik karena saya tidak perlu susah-susah tanya forwarder. Forwarder selama ini melakukannya dengan manual, datang pergi bawa surat ke mana-mana," kata Budi Karya, Minggu (4/3).

Melalui sistem yang mulai aktif Februari tersebut, setidaknya tiga dari empat upaya yang digeber Kementerian Perhubungan telah tercapai.

"Tiga hal sudah selesai, lebih mudah, lebih cepat dan lebih transparan. Untuk yang murah mesti ada excercise lagi," kata Budi Karya.

Berikutnya, melalui sistem DO Online ini, Budi Karya ingin mendapatkan data terpadu mengenai proses tracking barang dari dan ke Pelabuhan Priok. Serta kecepatan kirim kargo dan harga pengiriman direct dan indirect.




TERBARU

Close [X]
×