kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   18.000   1,19%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Mengintip Layanan Haji Ramah Lansia di Embarkasi Jakarta, Seperti Apa?


Rabu, 24 Mei 2023 / 04:24 WIB
Mengintip Layanan Haji Ramah Lansia di Embarkasi Jakarta, Seperti Apa?
ILUSTRASI. Mulai Selasa (23/5/2023) kemarin, operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M di Embarkasi Jakarta sudah dimulai. ANTARA FOTO/Didik Suhartono


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai Selasa (23/5/2023) kemarin, operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M di Embarkasi Jakarta sudah dimulai. Hal tersebut ditandai dengan tibanya jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama (JKG-01) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Melansir laman Kemenag.go.id, menurut Kakanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar, kloter JKG 01 asal Jakarta Selatan ini terdiri dari 388 jemaah. 

"Nah menariknya, hampir setengahnya adalah mereka yang berusia di atas 65 tahun,” ungkapnya.

Berdasarkan data, ada 128 jemaah yang berusia lebih dari 65 tahun. 

“Sesuai dengan tema tahun ini, Haji Ramah Lansia, tentunya kondisi ini juga menjadi perhatian kita,” ujar Cecep.

Besarnya jumlah jemaah lansia menjadi perhatian petugas tahun ini. Pelayanan pun dilakukan dengan “One Stop Service” diatur dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraaan Haji darun Umrah No 185 tahun 2023.

Baca Juga: Sebanyak 7.510 Calon Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Berangkat Besok

Cecep mengungkapkan, sarana dan prasarana yang disediakan Asrama Haji Pondok Gede juga diusahakan mudah diakses dan dimanfaatkan oleh lansia. 

“Pelayanan yang diterima jemaah mulai dari fase keberangkatan, yaitu layanan di gedung penerimaan, penginapan dan gedung keberangkatan juga disiapkan yang ramah lansia,” jelasnya.

Selain itu, agar jemaah tidak kelelahan, layanan dari beberapa unit terkait dilakukan pada satu lokasi dan dikoordinir secara terpadu, mulai pemeriksaan akhir kesehatan, penyerahan gelang identitas, penyerahan paspor dan penyerahan living cost, serta layanan lainnya.

Ada pun pelayanan yang didapatkan jemaah di gedung penerimaan, yaitu menyerahkan tas bagasi dan kabin kepada petugas PPIH, pemberian label pada tas kabin, pemeriksaan akhir kesehatan Jemaah Haji. 

Di sini, para jemaah juga akan menyerahkan Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) dan Bukti Lunas BPIH.

“Para jemaah juga akan mendapatkan kartu kokarde dan kartu makan serta kartu penempatan kamar, penyerahan gelang identitas, penyerahan paspor, visa, boarding pass, dan lembar Tanda Terima Living Cost, dan Penyerahan living cost,” paparnya.

Baca Juga: Buka 2 KKHI, Pemerintah Beri Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Lebih Baik

Kelengkapan imigrasi seperti paspor dan visa memang diserahkan di Asrama Haji Pondok Gede, karena jemaah embarkasi Jakarta akan mendapatkan fasilitas fasttrack di Bandara Soeta. 

“Nanti mereka tidak akan menunggu lama di bandara karena persoalan imigrasi sudah selesai di asrama,” jelas Cecep.
.
“Setelah dari gedung penerimaan, jemaah diarahkan langsung menuju kamar penginapan untuk beristirahat sesuai jam yang terjadwal untuk selanjutnya di berangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×