kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,18   2,46   0.28%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendagri: 170 ASN Kemendagri Siap Pindah Ke IKN


Selasa, 11 Juni 2024 / 12:47 WIB
Mendagri: 170 ASN Kemendagri Siap Pindah Ke IKN
ILUSTRASI. PT Brantas Abipraya membangun rumah susun (rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Pertahanan Keamanan (Hankam). Berlokasi di Sepaku, Kalimantan Timur, Proyek Rusun ASN 4 yang dibangun Brantas Abipraya ini dibangun di atas lahan seluas 3,8 hektar


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Toto Karnavian mengklaim sebanyak 170 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemendagri siap untuk pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama. Tito bilang banyak stafnya yang tertarik untuk pindah ke IKN. Meski begitu, ia menyebut perpindahan ASN Kemendagri akan disiapkan usai infrastruktur untuk kebutuhan ASN terpenuhi di IKN. 

"Yang sudah siap 170 orang tahap pertama, tapi sebetulnya banyak yang mendaftar di Kemendagri ada 200 ASN banyak yang mau," jelas Tito dijumpai usai Raker bersama Komisi II, DPR RI, Senin (10/6). 

Baca Juga: ASN Pindah ke IKN Diprioritaskan Naik Jabatan, Ini Penjelasan MenPAN-RB

Tito menilai banyaknya minat ASN yang berpindah ke IKN, tak luput dari janji yang ditawarkan oleh pemerintah yaitu insentif tambahan, anggaran, hingga kenaikan pangkat lebih cepat. Tito sendiri mengklaim dirinya juga siap menjadi salah satu Menteri yang akan dipindahkan ke IKN tahap pertama nanti. 

"Saya sendiri mau pindah gelombang pertama," ungkap Tito. 

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut ASN akan mulai pindah ke IKN secara bertahap. Pada Juli 2024, ada sejumlah menteri dan jajaran yang akan mulai pindah ke IKN.

Baca Juga: Mengintip Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang Pemindahan pada Agustus 2024

“Kemudian pada September 2024 dilanjutkan dengan pemindahan ASN secara lebih masif. Ada prioritas satu, dua, dan tiga, berapa jumlah eselon I-nya dan seterusnya, semua sudah ada datanya. Tinggal eksekusi saja,” papar Anas. 

Berdasarkan hasil penapisan yang telah dilakukan, lanjut Anas, terdapat beberapa prioritas unit kerja mana saja pada beberapa K/L untuk dipindah secara bertahap. Prioritas Pertama, terdapat 179 Unit Eselon I dari 38 K/L; Prioritas Kedua, terdapat 91 Unit Eselon I dari 29 K/L; dan Prioritas Ketiga, terdapat 378 Unit Eselon I dari 59 K/L.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×