kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

McKinsey: Perusahaan yang terapkan inklusifitas & keragaman cenderung berkinerja baik


Kamis, 21 Mei 2020 / 14:22 WIB
McKinsey: Perusahaan yang terapkan inklusifitas & keragaman cenderung berkinerja baik
ILUSTRASI. McKinsey sebut perusahaan yang terapkan inklusifitas dan keragaman cenderung berkinerja lebih baik

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. McKinsey & Company dalam risetnya yang berjudul "Diversity Wins, how inclusion matters" menunjukkan perusahaan yang para pemimpinnya menerapkan sikap inklusif dan diversifikasi di saat seperti ini, memiliki ketahanan yang lebih kuat.

Perusahaan ditingkat teratas untuk keragaman gender dalam tim eksekutif mereka 25% lebih mungkin mengalami profitabilitas di atas rata-rata.

Baca Juga: Menyederhanakan Sistem Perpajakan di OnlinePajak

Sementara untuk perusahaan yang menjunjung tinggi keragaman etnis atau budaya di tim eksekutif mereka 36% lebih mungkin mengalami profitabilitas di atas rata-rata.

Selama lima tahun terakhir, kesenjangan telah melebar antara perusahaan yang cukup tinggi menerapkan kebijakan inklusifitas dan diversifikasi dengan yang rendah. Perusahaan yang berada di tingkat rendah dalam menerapkan keragaman jenis kelamin dan etnis 27% lebih mungkin memiliki laba yang buruk.

Di tengah kondisi Covid-19 yang cukup menantang bagi dunia bisnis, manajemen ikut menghadapi tantangan dalam kepemimpinannya dan seberapa mudahnya upaya inklusif dan diversifikasi menjadi penyokong.

Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 1.000 perusahaan di 15 negara. Di dalamnya termasuk data keberagaman dalam jajaran di dewan direksi serta dinamika dalam menghadapi masalah di setiap perusahaan yang tentunya berbeda.

Baca Juga: Pemerintah Turun Tangan Usut Kebocoran Data Tokopedia

Sebelumnya, McKinsey telah membuat riset pada tahun 2015 bertajuk 'Why Diversity Matters' dan 'Delivering Through Diversity' pada tahun 2018.

Kedua laporan tersebut menunjukkan strategi dari lima perusahaan dengan kinerja terbaik dan bagaimana korelasi kebijakan diversifikasi dan inklusif dengan pertumbuhan nilai perusahaan.

Setelah melakukan analisa dalam lima tahun, penelitian menunjukkan pertumbuhannya lambat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×