kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat program PEN terhadap UMKM di tengah pandemi Covid-19


Sabtu, 21 November 2020 / 15:33 WIB
Manfaat program PEN terhadap UMKM di tengah pandemi Covid-19


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 83% pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merasa terbantu atas berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diberikan oleh pemerintah. Hal tersebut, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Mandiri Institute di berbagai daerah di Indonesia.

Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono mengatakan dari survei yang didapatkan menyebutkan, bahwa persepsi pelaku UMKM sebanyak 46% responden merasa bantuan pemerintah melalui PEN sangat membantu, 37% pelaku UMKM merasa bantuan pemerintah cukup membantu, dan 17% responden merasa tidak terbantu atas PEN.

"Kita lihat persepsinya cukup positif, sebanyak 83% pelaku UMKM merasa terbantu," ujar Teguh dalam keterangannya. 

Menurut dia, langkah pemerintah dalam memberikan bantuan kepada UMKM dalam bentuk restrukturisasi kredit, subsidi bunga dan lain sebagainya sangat membantu para pelaku bertahan di tengah keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi. 

Baca Juga: Cara mudah ajukan KUR BRI untuk mitra Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia

Sehingga, para pelaku usaha tersebut mendapatkan peluang yang besar untuk melakukan kegiatan produktif kembali. "PEN itu sangat membantu temen-teman pelaku UMKM di tengah dampak pandemi," katanya.

Disisi lain, proses sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah sudah dilakukan dengan sangat baik, terbukti banyak pelaku UMKM di berbagai pelosok tanah air dapat mengetahui PEN. Alhasil, banyak pelaku UMKM yang ternyata sangat antusias mengikuti program bantuan yang diterbitkan pemerintah.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihaknya, sebanyak Sebanyak 79% sudah mengetahui program PEN yang diberikan kepada UMKM. Dan sebanyak 21% pelaku UMKM yang tidak mengetahui adanya bantuan dari pemerintah.

"Ini membuktikan sosialiasi yang dilakukan pemerintah membuah hasil yang baik, karena mampu menjadi Top off mind para pelaku UMKM," pungkasnya.

Pelaku UMKM memang menjadi fokus pemerintah dalam menggelontorkan bantuan, khususnya kepada mereka yang terdampak Covid-19. Sebanyak 12 juta UMKM telah dan telah tersalurkan melalui program PEN sebesar Rp124 triliun.

Selanjutnya: Pemerintah berharap pertumbuhan ekonomi di kuartal IV ini sudah masuk jalur positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×