kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin optimistis, Sri Mulyani prediksi ekonomi Indonesia kuartal III tumbuh 4,5%


Senin, 25 Oktober 2021 / 14:36 WIB
Makin optimistis, Sri Mulyani prediksi ekonomi Indonesia kuartal III tumbuh 4,5%
ILUSTRASI. Makin optimistis, Sri Muyani prediksi ekonomi Indonesia kuartal III tumbuh 4,5%


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2021 mencapai 4,5% year on year (yoy). Angka tersebut lebih optimistis daripada proyeksi sebelumnya sebesar 4% yoy.

Sri Mulyani mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik tersebut, didukung oleh menurunnya kasus Covid-19 dan berbagai leading indikator yang menunjukkan perbaikan. Namun, jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 sebesar 7,07% yoy, maka prediksi kuartal III-2021 masih lebih rendah.

“Kinerja ekonomi kita dengan perbaikan ini berikan suatu optimisme untuk merevisi kuartal III kita outlook pertumbuhan ekonomi membaik jadi 4,5%. Namun koreksinya tidak terlalu dalam artinya masih bertahan di level positif," kata Menkeu saat Konferensi Pers APBN, Senin (25/10).

Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan pada Juli-September tahun ini aktivitas masyarakat mengalami perbaikan sejak pemerintah mampu mengendalikan penyebaran pandemi covid-19 varian delta.

Baca Juga: Fokus ke segmen rendah risiko, kredit BNI naik 3,7% menjadi Rp 569,73 triliun

Hal ini tercermin dari google mobility index aktivitas masyarakat di tempat penjualan ritel, dan penjualan kebutuhan sehari-hari masyarakat mulai meningkat positif. 

“Aktivitas  konsumsi mulia terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mengalami peningkatan signifikan setelah adanya pelemahan adanya delta varian Juli hingga Agustus waktu itu tunjukan hingga angka 77,33 dan September alami pembalikan, yang sangat kuat 95,5 untuk indeks keyakinan konsumen seiring optimisme penanganan covid sangat-sangat baik," ucap Sri Mulyani.

Kemudian, indikator penjualan ritel yang mulai meningkat, konsumsi listrik dari sisi bisnis juga kembali rebound dengan pertumbuhan positif terkait kegiatan perdagangan. 

Menurutnya berbagai indikator kegiatan ekonomi mulai kembali meningkat periode minggu kedua Agustus, setelah mengalami kemerosotan yang tajam pada bulan Juli hingga minggu pertama Agustus. 

Baca Juga: Catatkan kinerja solid hingga kuartal III 2021, berikut rekomendasi saham BBTN




TERBARU

[X]
×