kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luncurkan literasi digital nasional, Jokowi dorong pemanfaatan internet


Kamis, 20 Mei 2021 / 10:31 WIB
Luncurkan literasi digital nasional, Jokowi dorong pemanfaatan internet
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program literasi digital nasional yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Jokowi memandang literasi digital penting untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah untuk meningkatkan ekonomi dengan mengakselerasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas, perbanyak UMKM on boarding ke platform e-commerce sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat," ujar Jokowi saat memberikan sambutan melalui tayangan video, Kamis (20/5).

Kepala Negara Republik Indonesia itu menyebut internet dapat bermanfaat dalam menumbuhkan ekonomi. Meski begitu, internet juga memiliki dampak negatif yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Penggunaan internet melonjak selama Lebaran, ini kata Menteri Kominfo

Antara lain adalah meluasnya konten negatif yang dapat memicu konflik. Perkembangan teknologi juga menimbulkan berbagai kejahatan di ruang digital seperti penipuan hingga eksploitasi seksual pada anak.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar literasi digital nasional dapat meningkatkan konten positif di ruang digital. Sehingga perkembangan teknologi digital dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

"Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain melakukan kerja-kerja konkrit di tengah masyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif," terang Jokowi.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan kegiatan literasi digital tak cukup hanya dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam mendorong literasi digital tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×