kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luhut beri 5 arahan antisipasi virus corona di lingkungan Kemenhub


Senin, 16 Maret 2020 / 12:51 WIB
Luhut beri 5 arahan antisipasi virus corona di lingkungan Kemenhub
ILUSTRASI. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan diperiksa suhu tubuhnya sebelum rapat dengan Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020). Pemeriksaan?kondisi suhu tubuh bagi tamu maupun pejabat ters


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, ditunjuk sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim untuk menggantikan sementara posisi Budi Karya Sumadi yang saat ini belum bisa menjalankan tugasnya karena terinfeksi virus Corona.

Di dalam rapat koordinasi (rakor) melalui video conference, pada Minggu (15/3) kemarin, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, Luhut memberikan lima arahan kepada Jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Ada wabah corona, bagaimana proses pemeriksaan saksi dan tersangka di KPK?

Adapun arahan pertama, Luhut meminta agar jajaran Kemenhub dapat segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi virus Covid-19. Hal ini dilakukan agar mereka bisa mendapatkan prioritas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Kemudian, Luhut meminta agar sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub dapat segera dimulai selama 2 (dua) hari, dimulai sejak hari in, Senin (16/3) sampai Selasa (17/3)," ujar Adita di dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (16/3).

Ketiga, untuk sementara Luhut melarang adanya perjalanan dinas ke luar negeri, baik bagi pejabat ataupun pegawai di Kemenhub.

Keempat, Luhut meminta agar Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian dapat mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik, antara lain dengan penyemprotan disinfektan sebanyak tiga kali sehari. Hal ini juga berlaku bagi moda transportasi di berbagai daerah lain.

Baca Juga: Neraca dagang Februari surplus US$ 2,34 miliar, BPS: Impor turun signifikan

"Diharuskan ada sosialisasi publik atau pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala virus Corona, serta imbauan bagi masyrakat untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri, kebersihan lingkungan, dan mengutamakan kesehatan dengan menghindari perjalanan bagi mereka yang merasa sedang sakit," kata Adita.

Terakhir, Luhut meminta agar jajaran Kemenhub dapat memastikan arus transportasi logistik tetap berjalan dengan lancar. Terutama, untuk memastikan agar ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×