kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lima tahun beruntun, BKPM mendapat opini WTP dari BPK


Jumat, 13 September 2019 / 14:31 WIB
Lima tahun beruntun, BKPM mendapat opini WTP dari BPK
ILUSTRASI. Thomas Lembong


Reporter: Grace Olivia | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meraih penghargaan Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2018 berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ini merupakan capaian WTP kelima kali yang diraih BKPM dalam periode 2014-2018.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, opini Wajar Tanpa Pengecualian pada  laporan keuangan BKPM selama lima tahun berturut-turut  menunjukkan upaya BKPM untuk terus menyelenggarakan pengelolaan anggaran yang lebih baik setiap tahunnya. 

Tentunya tidak berhenti sampai disini. Ke depan, BKPM akan terus melakukan perbaikan-perbaikan agar penggunaan anggaran lebih efisien dan tepat guna, karena berasal dari rakyat sehingga pemerintah harus dapat mempertanggungjawabkan semuanya,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (13/9). 

Baca Juga: Ini lima keluhan yang sering disampaikan investor berdasarkan catatan BKPM

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi kementerian dan lembaga yang berhasil mendapatkan opini WTP untuk audit laporan keuangan. Namun, ia menekankan agar tidak mudah puas dan berhenti untuk mendapatkan WTP. 

Sri Mulyani juga mendorong K/L untuk menggunakan pelaporan informasi keuangan untuk memperbaiki kualitas perencanaan penganggaraan dan penggunaan anggaran itu sendiri.

“Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan perlu mengoptimalkan pengelolaan keuangan negara termasuk menggunakan informasi keuangan tersebut. Karena opini WTP bukanlah tujuan akhir, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik tersebut digunakan sebagai informasi sebagai masukan atau feedback bagi perencanaan penganggaran,” jelasnya, kemarin. 

Baca Juga: DPR mendukung penuh BKPM jadi Kementerian Investasi

Selain penghargaan opini WTP lima tahun berturut-turut, BKPM juga mendapatkan penghargaan opini WTP untuk ke-12 kalinya dan BMN Award Juara 3 Kategori Kualitas Pelaporan BMN untuk Kelompok K/L dengan Jumlah Satuan Kerja 11 Sampai Dengan 100

Pemerintah memberikan penghargaan kepada 36 K/L yang memperoleh opini WTP selama lima kali berturut-turut atas laporan keuangan tahun 2014-2018. 

Selain itu, pemerintah memberikan penghargaan BMN Award dalam hal pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) kepada 11 K/L dalam tiga kategori (terbagi dalam tiga kelompok K/L) yaitu Utilisasi BMN, Kualitas Pelaporan BMN, dan Sertifikasi BMN, serta dua kategori tambahan yaitu Continuous Improvement dan Peer Collaboration.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×