kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Lili Pintauli Mundur dari Wakil Pimpinan KPK, Ini Calon Penggantinya


Senin, 11 Juli 2022 / 16:37 WIB
Lili Pintauli Mundur dari Wakil Pimpinan KPK, Ini Calon Penggantinya
ILUSTRASI. Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyampaikan keterangan pers di gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/8/2021). Lili Pintauli Mundur dari Wakil Pimpinan KPK, Ini Calon Penggantinya.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Lili Pantauli Siregar dinyatakan mengundurkan diri dari KPK dan perkaranya terkait sidang kode etik dinyatakan gugur.

Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan, pengganti Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua KPK akan ditentukan oleh Presiden Jokowi.

Menurut dia, Jokowi nantinya akan mengajukan nama pengganti Lili ke DPR dari lima calon pimpinan KPK yang tidak lolos saat proses seleksi pada tahun 2019 lalu.

“Dulu Presiden mengajukan 10, terpilih lima jadi sisa lima. Nah, lima ini yang akan diajukan ke DPR, berapa yang diajukan? terserah beliau," ujar Tumpak pada konferensi pers, Senin (11/7).

Baca Juga: Dewas KPK Gugurkan Sidang Etik Lilik Pintauli, Bagaimana Kelanjutan Kasusnya?

Adapun lima orang yang gagal lantaran tak dipilih oleh DPR antara lain, I Nyoman Wara, Johanes Tanak, Luthfi Jayadi, Roby Arya dan Sigit Danang Joyo.

Tumpak menjelaskan, kewenangan penggantian Lili sebagai wakil pimpinan KPK oleh Presiden Jokowi ini sesuai dengan Undang-Undang No. 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Untuk diketahui, Lili dinyatakan undur diri dari Wakil pimpinan KPK setelah Presiden Jokowi menerbitkan Surat Keputusan Presiden Nomor 71/P/2022 tentang pemberhentian yang bersangkutan (Lili Pantauli) tertanggal 11 Juli 2022.

Lili dinyatakan mengundurkan diri saat diperiksa dan menjalani sidang kode etik karena diduga menerima gratifikasi tiket MotoGP Mandalika.

Ia diduga berupaya memanipulasi penerimaan pemberian tiket dan akomodasi tersebut dari PT Pertamina (Persero). Upaya tersebut agar seolah-olah tidak menerima pemberian dari perusahaan BUMN itu.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar Mengundurkan Diri, Sidang Etik Dinyatakan Gugur

Sebelumnya, masalah dugaan pelanggaran kode etik ini berawal dari laporan yang diterima Dewan Pengawas KPK pada Maret lalu. Lili bersama 10 orang dalam rombongannya diduga mendapat tiket MotoGP 2022 Mandalika kategori Granstand Premium Zona A selama tiga hari pada 18-20 Maret 2022.

Lili juga diduga mendapat fasilitas menginap selama sepekan pada 16-22 Maret 2022 di Amber Lombok Beach Resort. Pemesanan tiket balapan motor dan akomodasi tersebut diduga menggunakan jasa Mitra Tours and Travel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×