kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,75   -7,79   -0.82%
  • EMAS917.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

La Nina hingga Februari, BNPB peringatkan masyarakat akan cuaca buruk


Minggu, 17 Januari 2021 / 23:30 WIB
La Nina hingga Februari, BNPB peringatkan masyarakat akan cuaca buruk
ILUSTRASI. Awan hitam menyelimuti langit Jakarta,

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca di Tanah Air saat ini.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, Indonesia kini tengah dihadapkan pada kondisi la nina yang diprediksi akan berlangsung hingga Februari 2021.

"Masyarakat harus tetap waspada dalam kondisi masa la nina sampai Februari 2021," kata Raditya dalam konferensi pers secara daring, Minggu (17/1/2021).

Raditya mengatakan, longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang bisa terjadi lagi apabila intensitas hujan cukup tinggi. Oleh karena itu, ia mengimbau, agar masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tetap waspada terhadap potensi longsor yang mungkin terjadi.

"Kejadian bencana juga dipicu faktor hidrometeorologi, salah satunya curah hujan tinggi," kata dia.

Baca Juga: Peringatan BMKG: Ada potensi multi risiko akibat cuaca dan gempa hingga Maret

Ia menambahkan, edukasi terhadap masyarakat yang ada di daerah dengan kemiringan terjal dan tebing rawan longsor harus selalu dilakukan.

Selain itu, masyarakat juga harus memahami risiko apabila cuaca sedang buruk seperti saat ini, terutama yang tinggal di wilayah dengan potensi longsor tinggi.

Berdasarkan data terbaru, jumlah korban meninggal dunia dalam peristiwa longsor Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat sudah mencapai 29 orang pada Minggu sore. Sementara itu, terdapat 11 orang yang masih dalam proses pencarian.

Adapun longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

Longsor terjadi dua kali, pertama pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pada pukul 19.00 WIB. (Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB Ingatkan Masyarakat Waspadai Cuaca Buruk",

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×