kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KSP Dorong Penguatan dan Pemberdayaan Penyuluh Pertanian


Jumat, 03 Juni 2022 / 11:06 WIB
KSP Dorong Penguatan dan Pemberdayaan Penyuluh Pertanian
ILUSTRASI. Ilustrasi pertanian. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kantor Staf Presiden (KSP) mendorong program penguatan dan pemberdayaan penyuluh pertanian bersama kementerian/lembaga terkait.

Deputi III Kepala Staf Kepresidenan RI Panutan Sulendrakusuma mengatakan, penguatan fungsi dan peran penyuluh pertanian menjadi salah satu upaya Presiden Joko Widodo untuk menaikkan kinerja sektor pertanian. Kebijakan tersebut, dimuat dalam Perpres No 35/2022 tentang Penguatan Fungsi Penyuluhan Pertanian.

"Penyuluh pertanian punya andil besar terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani di Indonesia. Mereka bertugas mendampingi kelompok tani. Mulai soal pemilihan bibit sampai pada peningkatan hasil panen," kata Panutan, dalam keterangan tertulis, Jumat (3/6).

Panutan juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan pengetahuan bagi penyuluh pertanian melalui berbagai pelatihan. Hal tersebut diperlukan agar proses pendampingan di lapangan lebih optimal.

Baca Juga: Kementan gelar Public Hearing, Tindak Lanjut Perpres Penyuluhan Pertanian

"Jenis pelatihan dan bagaimana formulasinya, KSP akan koordinasikan dengan K/L terkait," jelas Panutan.

Sebelumnya, Panutan bersama tim Kantor Staf Presiden bertemu dan berdiskusi dengan penyuluh pertanian di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Beberapa isu yang mengemuka, yakni soal porsi beban kerja administrasi yang terlalu besar dan perlunya regenerasi.

Pertemuan tim Kantor Staf Presiden bersama penyuluh dan stakeholder pertanian ini, bagian dari monitoring dan verifikasi lapangan implementasi Perpres No 35/2022 tentang Penguatan Fungsi Penyuluhan Pertanian. Selain di Soppeng, tim KSP juga melakukan kunjungan kerja di Makassar dan Bulukumba.

"KSP berharap Perpres dapat diimplementasikan dengan baik di lapangan, dan sinergi pusat sampai kecamatan harus lebih kuat untuk membangun ketahanan pangan daerah," pungkas Panutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×